Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok
Sari
Keyword: Barista Perfomance, Guest Complaints, Services
Abstrak - Restoran adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menjual makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan serta memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. Salah satunya adalah bar departemen yang menyediakan pelayanan minuman. Bar melayani mulai dari pembuatan minuman sampai dengan menyajikan minuman. Kinerja barista yang kurang baik dapat mempengaruhi kualitas minuman yang disajikan kepada tamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja barista yang masih kurang baik karena tidak tidak mengikuti standar operasional yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut dikarenakan barista sering mengubah resep minuman yang sudah disediakan oleh perusahaan. Mengubah resep maka akan mengubah rasa minuman dan tidak sesuai dengan standar rasa minuman. Selain itu barista juga kurang mendapatkan motivasi, pelatihan, dan briefing secara rutin untuk meningkatkan semangat bekerja dan meningkatkan kinerja selama operasional berlangsung, barista kurang memiliki rasa tanggungjawab, kedisiplinan, inisiatif dan kurang efektif dan efisien dalam bekerja sehingga membuat operasional tidak berjalan dengan lancar. Pelayanan yang masih kurang baik kepada tamu juga menyebabkan tamu merasa tidak diperhatikan dan akan menimbulkan terjadinya keluhan dari tamu di Rock Gilis Coffee Lombok.
Kata kunci: Kinerja Barista, Keluhan Tamu, Pelayanan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Armediana, Sukmarwati, Suryaningsih, Margarehra dan hayu, ida. 2013. Analisis Kinerja Pegawai Di Kecamatan Gunungpati Semarang. Jurnal Of Public Policy And Management Review, II(2), 3-4. Di Ambil Dari: https://media.neliti.com/media/publications/94397-ID-analisis-kinerja-pegawai-di-kecamatan-gu.pdf . (20 April 2018).
Brahmanto, Erlangga, Hermawan, Ari, Hamzah, Faisal.2018. Manajemen Hospitality. Pekalongan: NEM.
Chandra, Billy Archie. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Komplain Perilaku Konsumen. Di Ambil Dari: http://e-journal.uajy.ac.id/4337/1/0EM17643.pdf (22 April 2018)
Darwin, Durachim, Endang dan Hamzah Faizal. 2017. Restoran Bisnis Berbasis Standar Kompetensi. Jurnal Pariwiasata, IV(4), 12 Di Ambil Dari.: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1701/1340 (8 Juli 2018)
Esa, Yusti. (2015). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penyelenggara Kantin Kejujuran Di SD Negeri Tiga Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Di Ambil Dari: http://eprints.uny.ac.id/14815/3/BAB%20III.pdf (26 April 2018)
Kurniawan, Gultom, Dedek. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, XIV(14), 17-18. Di Ambil Dari: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/194/132 (3Mei 2018).
Mensah, Ishmael Adelaide, Mensah-Kufuor, Edem Kwesi Amenumey.2015. Service Failures in 3- to 5-Star Hotels in Accra, Ghana. Journal of Tourism and Hospitality Management, III(3), 74 Di Ambil Dari: https://www.researchgate.net/publication/284546353_Service_Failures_in_3-_to_5-Star_Hotels_in_Accra_Ghana. (21 Mei 2018).
Setyawan Andang, Wahyu. (2017). Identifikasi Kemampuan Flair Bartending Pada Komunitas Bartender di Yogyakarta. Di Ambil Dari: http://eprints.uny.ac.id/53786/1/Andang%20Wahyu%20Setyawan%20%2811511244021%29.pdf (25 April 2018).
Putri,Emmita Devi Hari.2016.pengantar akomodasi dan restoran. Yogyakarta: depublish.
Ramadhan, Fakhri. 2017. Makna Kerja Barista. Di Ambil Dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/5344/Jurnal_Fakhri%20Ramadhan (11 April 2018).
Rajagukguk,Peter.2016. Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Ecodenica, IV(4), 25. Di Ambil Dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/283/pdf (8 Juli 2016).
Riduwan.2013.Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Stefanus, Ganang.2013. Analisis Deskriptif Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kenyamanan Membaca Pemustaka (Studi Kasus Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang). Di Ambil Dari: http://eprints.undip.ac.id/40985/3/BAB_III.pdf (6 mei 2018).
Sumarsono, Dicky. 2015. Semua Orang Bisa Menjalankan Luar Biasa Bisnis Restoran Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yanti, Haryono Andi Tri dan Minarsih Maria Magdalena.2015. Pengaruh Kompensasi , Motivasi Kerja, Lingkungan kerja dan disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada CV Koperasi Puri Kencana Taksi Semarang. Journal Of Management, I(1), 10. Di Ambil Dari: http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/271/267 (3 Mei 2018).
Yulianto, Atun. 2016. Kinerja Pengembangan Dan Pelayanan Candi Ratu Boko Dalam Mendukung Kesempatan Usaha Masyarakat Setempat. Jurnal Khasanah Ilmu, VII(7), 13. Di Ambil Dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/473/366 s(6 Mei 2018).
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5620