Upaya Meningkatkan Kinerja Barista Untuk Mengurangi Keluhan Tamu Di Rock Gilis Coffee Lombok

Lutfi Rahman, Emmita Devi Hari Putri

Sari


Abstract - The restaurant is a building used to sell food and beverages, equipped with service equipment and provide the best service for guests. The bar running from drinks production to drinks. Poor barista performance can affect the quality of drinks served to guests. The method used in this research is descriptive qualitative and data collection techniques used in this research are observation, interview, documentation and literature study. The results of this study is the performance of baristas are still not good because it does not follow the operational standards that have been set by the company. This is because such as changing the drink recipe that has been provided by the company. By changing the recipe will change the taste of the drink and not in accordance with the standard taste of the drink. In addition, the barista also lacks a sense of responsibility, discipline, initiative and less effective and efficient in working so as to make operations not running smoothly. Services that are still less good to guests cause guests to feel not noticed and will lead to complaints from guests at Rock Gilis Coffee Lombok.

Keyword: Barista Perfomance, Guest Complaints, Services

Abstrak - Restoran adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk menjual makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan serta memberikan pelayanan terbaik bagi tamu. Salah satunya adalah bar departemen yang menyediakan pelayanan minuman. Bar melayani mulai dari pembuatan minuman sampai dengan menyajikan minuman. Kinerja barista yang kurang baik dapat mempengaruhi kualitas minuman yang disajikan kepada tamu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja barista yang masih kurang baik karena tidak tidak mengikuti standar operasional yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut dikarenakan barista sering mengubah resep minuman yang sudah disediakan oleh perusahaan. Mengubah resep maka akan mengubah rasa minuman dan tidak sesuai dengan standar rasa minuman. Selain itu barista juga kurang mendapatkan motivasi, pelatihan, dan briefing secara rutin untuk meningkatkan semangat bekerja dan meningkatkan kinerja selama operasional berlangsung, barista kurang memiliki rasa tanggungjawab, kedisiplinan, inisiatif dan kurang efektif dan efisien dalam bekerja sehingga membuat operasional tidak berjalan dengan lancar. Pelayanan yang masih kurang baik kepada tamu juga menyebabkan tamu merasa tidak diperhatikan dan akan menimbulkan terjadinya keluhan dari tamu di Rock Gilis Coffee Lombok.

Kata kunci: Kinerja Barista, Keluhan Tamu, Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armediana, Sukmarwati, Suryaningsih, Margarehra dan hayu, ida. 2013. Analisis Kinerja Pegawai Di Kecamatan Gunungpati Semarang. Jurnal Of Public Policy And Management Review, II(2), 3-4. Di Ambil Dari: https://media.neliti.com/media/publications/94397-ID-analisis-kinerja-pegawai-di-kecamatan-gu.pdf . (20 April 2018).

Brahmanto, Erlangga, Hermawan, Ari, Hamzah, Faisal.2018. Manajemen Hospitality. Pekalongan: NEM.

Chandra, Billy Archie. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Komplain Perilaku Konsumen. Di Ambil Dari: http://e-journal.uajy.ac.id/4337/1/0EM17643.pdf (22 April 2018)

Darwin, Durachim, Endang dan Hamzah Faizal. 2017. Restoran Bisnis Berbasis Standar Kompetensi. Jurnal Pariwiasata, IV(4), 12 Di Ambil Dari.: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1701/1340 (8 Juli 2018)

Esa, Yusti. (2015). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penyelenggara Kantin Kejujuran Di SD Negeri Tiga Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Di Ambil Dari: http://eprints.uny.ac.id/14815/3/BAB%20III.pdf (26 April 2018)

Kurniawan, Gultom, Dedek. 2014. Pengaruh Budaya Organisasi Perusahaan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, XIV(14), 17-18. Di Ambil Dari: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/194/132 (3Mei 2018).

Mensah, Ishmael Adelaide, Mensah-Kufuor, Edem Kwesi Amenumey.2015. Service Failures in 3- to 5-Star Hotels in Accra, Ghana. Journal of Tourism and Hospitality Management, III(3), 74 Di Ambil Dari: https://www.researchgate.net/publication/284546353_Service_Failures_in_3-_to_5-Star_Hotels_in_Accra_Ghana. (21 Mei 2018).

Setyawan Andang, Wahyu. (2017). Identifikasi Kemampuan Flair Bartending Pada Komunitas Bartender di Yogyakarta. Di Ambil Dari: http://eprints.uny.ac.id/53786/1/Andang%20Wahyu%20Setyawan%20%2811511244021%29.pdf (25 April 2018).

Putri,Emmita Devi Hari.2016.pengantar akomodasi dan restoran. Yogyakarta: depublish.

Ramadhan, Fakhri. 2017. Makna Kerja Barista. Di Ambil Dari: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/5344/Jurnal_Fakhri%20Ramadhan (11 April 2018).

Rajagukguk,Peter.2016. Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Ecodenica, IV(4), 25. Di Ambil Dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/283/pdf (8 Juli 2016).

Riduwan.2013.Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Stefanus, Ganang.2013. Analisis Deskriptif Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kenyamanan Membaca Pemustaka (Studi Kasus Pemustaka di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang). Di Ambil Dari: http://eprints.undip.ac.id/40985/3/BAB_III.pdf (6 mei 2018).

Sumarsono, Dicky. 2015. Semua Orang Bisa Menjalankan Luar Biasa Bisnis Restoran Di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yanti, Haryono Andi Tri dan Minarsih Maria Magdalena.2015. Pengaruh Kompensasi , Motivasi Kerja, Lingkungan kerja dan disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada CV Koperasi Puri Kencana Taksi Semarang. Journal Of Management, I(1), 10. Di Ambil Dari: http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/271/267 (3 Mei 2018).

Yulianto, Atun. 2016. Kinerja Pengembangan Dan Pelayanan Candi Ratu Boko Dalam Mendukung Kesempatan Usaha Masyarakat Setempat. Jurnal Khasanah Ilmu, VII(7), 13. Di Ambil Dari: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/473/366 s(6 Mei 2018).




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5620

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License