Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan

Atun Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta

Sari


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Internet marketing salah satu hotel bintang lima di Jakarta dalam menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan alat analisis data melalui SWOT. Sedangkan data dikumpulkan dengan teknik pengamatan (observasi), penelusuran (browsing) dan studi pustaka (literature), dimana tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendefinisikan alat-alat internet marketing hotel yang berupa e-mail, website, banner web, partnership online, klasifikasi data penjualan online, sponsorship, sosial media dan search engine optimation (SEO). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan internet marketing dalam menyampaikan informasi yang bersifat mengenalkan, menawarkan dan mempromosikan jasanya kepada calon tamu untuk menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Kekuatan utama dalam penerapan internet marketing bagi Hotel Mandarin Oriental Jakarta adalah kerjasama (affiliasi online) dengan pihak lain, website yang terklasifikasi dengan baik dan media sosial yang dijalankan hotel. Ketiganya difungsikan untuk penetrasi pasar yang dituju dan membangun citra baik hotel kepada calon tamu agar tetap eksis dalam persaingan pada industri yang sama. Kata Kunci : Internet marketing, SWOT, Industri Perhotelan

Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v6i1.526

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License