Upaya Promosi Potensi Wisata Kota Denpasar Berbasis Media sosial
Sari
Keywords: : Marketing, Tourism Destination, Social Media
Abstrak – Kegiatan pemasaran tujuan wisata mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya penggunaan media sosial di masyarakat. Metode pemasaran Tradisional yang dulu digunakan dalam kegiatan pemasaran mulai digeser oleh metode pemasaran digital. Salah satu jenis metode pemasaran digital adalah Pemasaran media sosial. Dinas Pariwisata Denpasar bekerja sama dengan Bali Tourism Board, dan Badan Promosi Pariwisata Daerah menggunakan media sosial dalam upaya untuk mempromosikan potensi wisata kota Denpasar. Pemanfaatan media sosial yang sangat minim pada tahun 2016 dan 2017 untuk mempromosikan potensi wisata kota denpasar tidak sejalan dengan Rencana strategis satuan kerja perangkat daerah dinas pariwisata kota denpasar Tahun 2011-2015 yang menyebutkan bahwa promosi dilaksanakan dengan melibatkan Teknologi Informasi. Mariani (2016) menyebutkan bahwa media sosial sangat membantu promosi sebuah objek wisata yang sebelumnya tidak dikenal menjadi sebuah objek wisata yang ramai dikunjungi. Dengan pemanfaatan media sosial yang sangat minim oleh pengelola, promosi dinyatakan berhasil. Hal ini disebabkan kekuatan content yang dibuat oleh para pengguna media sosial untuk memperkenalkan objek wisata ini kepada pengguna media sosial yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mempromosikan potensi wisata dengan memanfaatkan media sosial. Data penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan kuliatatif. Data kuantitatif yang digunakan adalah jumlah posting, jumlah follower,jumlah likes. Data kualitatif berupa konten media sosial dan hasil wawancara dengannarasumber. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa upaya promosi berbasis media sosial telah dilakukan yaitu menyapa pengguna media sosial melalui content gambar dan video, mengundang masyarakat untuk hadir dalam kegiataan wisata tertentu, melibatkan masyarakat pengguna media sosial, dan menginformasikan calender of event disetiap awal bulan.
Kata kunci: Pemasaran, Destinasi Wisata, Media Sosial
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Creswell, J. W. (2013). Research Design. California: Sage publications
Dave, C. (2009), E-Bussiness & E-Commerce Management, Strategy Implementation & Practice, Edinburgh Gate England, Prentice Hall
J.Page, S., & Joanne, C. (2014). Tourism a Modern Synthesis. Hampshire: Cengage Learning EMEA.
Jogiyanto, HM (2008), Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Jogyakarta: Andi Offset
Kuric, N. (2016, February 10). Social Media and promotion of Tourist Destination with negative country image. Switzerland.
Mariani, N. W. (2016). Role of social media in the promotion "Hidden Canyon" Tourism Object. International Conference on Tourism, Gastronomy, and Tourist Destination (p. 78). Jakarta: Atlantis Press.
Neti, S. (2011). Social media and its role in marketing. International Journal of enterprise computing and Bussiness system
Paquette, H. (2013). Social Media as a Marketing Tool : A Literature Review. Major Papers by master of science student , Paper 2.
Reid, B. (2006), Hospitality Marketing Management, New Jersey,John Wiley & Sons, Inc
Waad Assaad, J. M. (2011). Social Network in Networking Opportunities and Risks. International Journal of Managing Public sector Information and Communication Technologies
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5223