Strategi Inovasi Produk Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta

Sopa Martina, Ramdan Purnama dan Adimulya

Sari


Kawasan wisata Grama Tirta Jatiluhur merupakan objek daya tarik wisata yang berada di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, secara geografis kawasan ini berada pada posisi yang sangat strategis dibawah Kabupaten Purwakarta kota yang masuk kedalam kategori mobile city karena  berada ada di antara dua kota besar yaitu Jakarta dan Bandung. Faktor tersebut yang menjadi peluang untuk menjadikan Grama Tirta sebagai kawasan unggulan di Purwakarta. Produk adalah aspek utama dalam kegiatan pariwisata, sehingga peneliti fokus pada strategi inovasi produk dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke kawasan ini. Dengan menggunakan pendekatan inovasi produk menurut Booz, Allen dan Hammilton (1982). Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tiga alat analisis yaitu SWOT, PEST, IFAS dan EFAS untuk mendapatkan data dan mengolahnya. Dari hasil observasi peneliti mendapatkan hasil temuan bahwa strategi inovasi produk dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke lokasi ini, dikarenakan produk yang antraktif akan menarik minat wisatawan. Sehingga inovasi produk, baik pengadaan produk baru atau perbaikan produk yang sudah ada sangat relevan untuk diterapkan di Grama Tirta, meskipun ada beberapa kendala yang muncul namun dalam penelitian ini telah disajikan pula alternative dan jalan keluar yang bisa diambil oleh pihak pengelola Grama Tirta.

 

Kata Kunci : Mobile City, Inovasi Produk, Minat Berkunjung


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v4i2.509