Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja

Heni Widyaningsih

Sari


Abstract: In the midst of today's global competition it is important for every hotel employee to improve service in order to compete with other hotels. What the hotel management needs to do now is improve its quality through improving employee professionalism to make guests feel satisfied and loyal. Profession which is currently encouraged by Kemenpar in cooperation with Lembaga Sertifikasi Usaha (LSP) to conduct competency test, one of them is hotel. The formulation of the problem that can be drawn from this research is how to improve the professionalism of employees to improve service quality at Abadi Hotel Jogja. The purpose of this study is to find out how the efforts to increase the professionalism of employees to improve service quality at Abadi Hotel Jogja. The research method used in this research is descriptive qualitative research method. Efforts to increase the professionalism of employees in Abadi Hotel Jogja is by providing scholarships for education, training, application of Standard Operating Procedures (SOP) and action plan, and certification of competence for employees.

Keywords: Employee Professionalism, Quality of Service, Hotel

Abstrak: Di tengah kompetisi global saat ini penting bagi setiap karyawan hotel untuk meningkatkan pelayanan agar dapat bersaing dengan hotel lainnya. Apa yang perlu dilakukan oleh manajemen hotel saat ini adalah meningkatkan kualitasnya melalui upaya meningkatkan profesionalisme karyawan agar tamu merasa puas dan loyal. Profesi yang saat ini digenjot oleh Kemenpar bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk melakukan uji kompetensi, salah satunya adalah hotel. Rumusan masalah yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan profesionalisme karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Abadi Hotel Jogja. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan profesionalisme karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Abadi Hotel Jogja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Upaya peningkatan profesionalisme Karyawan di Abadi Hotel Jogja adalah dengan pemberian beasiswa pendidikan, mengadakan pelatihan, penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan action plan, serta sertifikasi kompetensi bagi karyawan.

Kata Kunci: Profesionalisme Karyawan, Kualitas Pelayanan, Hotel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


____2013. Materi Diklat Competency Based Training. Bali.

. DIKTI. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Jakarta.

Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permen Parekraf PM.53/HM.001/MPEK/2013

Soewirjo, Herdi S. 2008. Teori & Praktik Perhotelan. Yogyakarta: Andi.

Syaodih, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

http://m.suarakarya.id/2016/03/07/sdm-pariwisata-harus-ikut-uii-kompetensi 29 DES 2016




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3642

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License