Upaya Peningkatan Profesionalisme Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Karyawan Abadi Hotel Jogja
Sari
Keywords: Employee Professionalism, Quality of Service, Hotel
Abstrak: Di tengah kompetisi global saat ini penting bagi setiap karyawan hotel untuk meningkatkan pelayanan agar dapat bersaing dengan hotel lainnya. Apa yang perlu dilakukan oleh manajemen hotel saat ini adalah meningkatkan kualitasnya melalui upaya meningkatkan profesionalisme karyawan agar tamu merasa puas dan loyal. Profesi yang saat ini digenjot oleh Kemenpar bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk melakukan uji kompetensi, salah satunya adalah hotel. Rumusan masalah yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan profesionalisme karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Abadi Hotel Jogja. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan profesionalisme karyawan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Abadi Hotel Jogja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Upaya peningkatan profesionalisme Karyawan di Abadi Hotel Jogja adalah dengan pemberian beasiswa pendidikan, mengadakan pelatihan, penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan action plan, serta sertifikasi kompetensi bagi karyawan.
Kata Kunci: Profesionalisme Karyawan, Kualitas Pelayanan, Hotel
Teks Lengkap:
PDFReferensi
____2013. Materi Diklat Competency Based Training. Bali.
. DIKTI. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Jakarta.
Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permen Parekraf PM.53/HM.001/MPEK/2013
Soewirjo, Herdi S. 2008. Teori & Praktik Perhotelan. Yogyakarta: Andi.
Syaodih, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
http://m.suarakarya.id/2016/03/07/sdm-pariwisata-harus-ikut-uii-kompetensi 29 DES 2016
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3642