Persepsi Wisatawan Daerah Terhadap Pengembangan Wisata Alam Lava Bantal, Berbah, Sleman, Yogyakarta
Sari
Keywords: Perception, Development and Tourists
Abstrak - Pariwisata adalah suatu kegiatan yang secara langsung memberi, menyentuh dan melibatkan masyarakat sehingga membawa dampak terhadap masyarakat setempat., Pariwisata sekarang telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di berbagai lapisan bukan hanya untuk kalangan tertentu saja. Untuk itu perlu pengembangan pariwisata agar potensi dan daya tarik wisata dapat terkenal. Salah satu potensi wisata alam dan pendidikan ada di wisata alam Lava Bantal yang ada di Berbah, Kabupeten Sleman dimana wisata ini telah berkembang dan menyimpan banyak potensi alam yang dapat menjadi wisata pendidikan. Wisatawan menilai obyek wisata ini mempunyai akses jalan yang strategis lokasinya sehingga mudah dikunjungi. Sarana-prasana sudah ditersedia dengan baik dan memadai. Suasana yang asri dan nyaman memberi kepuasaan pengunjung untuk berlama di obyek wisata tersebut. Pengelola juga selalu berupaya menjaga dari aspek kebersihan dan keamanan pengunjung membuat wisatawan merasa puas dengan kondisi tersebut meski ada sedikit kekurangan dalam pengelolaannya. Hasrat wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut sangat dominan membuat pengelola bertanggungjawab untuk mengembangkan wisata Lava Bantal agar lebih baik.
Kata Kunci : Persepsi, Pengembangan dan Wisatawan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anonim, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta
Endang Tjitroresmi, 2003. Peran Industri Kepariwisataan dalam Perekonomian Nasional dan Daerah Jakarta: P2E-LIPI.
Fandeli, chafid.1995. Dasar-Dasar Manajemen Kepariwisataan Alam. Yogyakarta: Liberty
M. Kesrul.2003. Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata. Jakarta : Grasindo
Nyoman S.Pendit.1986. Ilmu Pariwisata. Jakarta : Pradnya Paramita.
Pitana, I Gde dan Gayatri.2005. Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta: Andi Offset.
Salah Wahab, 1997. Turism Management. Jakarta, PT Pradnya Paramita.
___________, 1989. Manajemen Kepariwisataan. Jakarta, PT Pradnya Paramita
Siswantoro, Gamal.2001. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta. Andi Offset
Walgito, Bimo.1999. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar).Yogyakarta : Andi Offset
Wardiyanta, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta : CV. Andi. Offset
Yulianto, Atun. 2016. Kinerja Pengembangan Dan Pelayanan Candi Ratu Boko Dalam Mendukung Kesempatan Usaha Masyarakat Setempat. Jurnal Khasanah Ilmu Vol. 7 No.1 Maret 2016. Yogyakarta : AKPAR BSI
http://jogja.tribunnews.com/2017/11/13/hingga-bulan-oktober-6-juta-lebih-wisatawan-telah-kunjungi-sleman. 16:38 WIB
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3635