Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Di Sindu Kusuma Edupark

Heni Susilawati - STP AMPTA

Sari


Abstract - This research aims to investigate (1) the influence of electronic word of mouth on the visitors’ decisions in visiting Sindu Kusuma Edupark, (2) the most influencing dimension of electronic word of mouth on the visitors’ decisions in visiting Sindu Kusuma Edupark. This research was a quantitative research. The population of this research was the visitors of Sindu Kusuma Edupark. The sample of this research was 100 respondens who were taken from the population by applying judgemental sampling technique. Furthermore, this research showed that (1) electronic word of mouth positively and significanly influenced the visitors’ decisions in visiting Sindu Kusuma Park, (2) Concern for other consumer was not the dimension that influenced the visitors’ decision but the extraversion/positive self enhancement which had the influence on the visitors’ decisions in visiting Sindu Kusuma Edupark.

Keywords: Electronic Word of Mouth and visiting decision

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kata elektronik dari mulut ke mulut terhadap keputusan pengunjung dalam mengunjungi Sindu Kusuma Edupark, (2) dimensi elektronik kata mulut yang paling berpengaruh terhadap keputusan pengunjung dalam mengunjungi Sindu Kusuma Edupark. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Sindu Kusuma Edupark. Sampel penelitian ini adalah 100 responden yang diambil dari populasi dengan teknik judgmental sampling. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kata elektronik dari mulut ke mulut secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pengunjung dalam mengunjungi Taman Sindu Kusuma, (2) Kepedulian konsumen lainnya bukanlah dimensi yang mempengaruhi keputusan pengunjung namun ekstraversi/peningkatan pandangan positif yang berpengaruh terhadap keputusan para pengunjung dalam mengunjungi Sindu Kusuma Edupark.

Kata Kunci : Electronic Word of Mouth, keputusan berkunjung



Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bronner, Fred and R. de Hoog. 2011. “Vacationers and eWOM: Who Posts, and Why, Where, and What?. Journal of Travel Research”, Vol 50(1), halaman 15-26.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Presindo.

_________. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya in Marketing Mix seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Pitana, I Gede dan Putu G. G. 2005. Sosiologi dan Antropologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono . 2009. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thurau, Hennig. 2004. “Electronic Word-of-Mouth via Consumer Opinion Platforms: What Motivates Consumer to Articulate Themselves on The Internet”, Vol 18(1), halaman 38-52.

Wibowo, A.E. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Yaylı, Ali and Murat Bayram. 2012. “e-WOM: The Effects of Online Consumer Reviews on Purchasing Decisions. International Journal Internet Marketing and Advertising”, Vol. 7 (1), halaman1-64.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v8i2.2297

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License