Hubungan Antara Kreativitas Dengan Minat Berwirausaha Mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta Ditinjau Dari Jenis Pekerjaan Orang Tua

Heni Widyaningsih - AKPAR BSI Yogyakarta

Sari


Abstract - Rising unemployment educated at this point makes college graduates is difficult to be absorbed in jobs. As a prospective entrepreneurs, students should have high creativity. With high creativity, they are expected to create their own jobs or entrepreneurship. The problems associated with this research topic is very complex. So this research is only limited to the internal factors that affect interest in entrepreneurship, the creativity. While the external factors the authors limit only on the type of work the parents are entrepreneurs or not entrepreneurs, and the research was only conducted on students of the Academy of Tourism (AKPAR) BSI Yogyakarta. From the boundary problem can be formulated several key areas of research, namely: Is there a positive relationship between creativity and interest in entrepreneurship in terms of the type of work the parents are self-employed. This type of research that will be conducted is a case study, the research carried out on a certain object, in this study the variables used are: independent variable (creativity), the dependent variable (interest in entrepreneurship), and Variable controller (the type of work the parents). Based on calculations using PAP II, the average student creativity BSI Yogyakarta AKPAR both parents are self-employed as well as from parents who are not entrepreneurs at the high category, namely 40.50 and 38.73. Based on calculations using PAP II, the average student interest in entrepreneurship AKPAR BSI Yogyakarta terms of parents who are not entrepreneurs are in a high category (40.65). While looking at the parents of entrepreneurs are at very high category (42.33). Artifacts significant relationship between students 'creativity with entrepreneurship interest of students in terms of parents who are not entrepreneurs with significansi 0,025.Terdapat significant relationship between students' creativity with entrepreneurship interest of students in terms of parents entrepreneur with significansi 0,020. Entrepreneurship work of parents who have more influence on student creativity and entrepreneurship interest of the work of parents who are not entrepreneurs, because the correlation between students' creativity with berwira business interests in terms of parents greater entrepreneurship, namely: ³ 0.542 0.540.

Keywords: Creativity, Interest in Entrepreneurship, Employment Parents

 

Abstrak - Meningkatnya pengangguran terdidik pada saat ini membuat lulusan perguruan tinggi sulit untuk dapat terserap di lapangan pekerjaan. Sebagai calon wirausaha, mahasiswa seharusnya memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan kreativitas yang tinggi, mereka diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha. Permasalahan yang berhubungan dengan topik penelitian ini sangatlah kompleks. Maka penelitian ini hanya dibatasi pada faktor intern yang mempengaruhi minat berwirausaha, yaitu kreativitas. Sedangkan pada faktor ekstern penulis membatasi hanya pada jenis pekerjaan orang tua yaitu wirausaha atau bukan wirausaha, dan penelitian ini hanya dilakukan pada mahasiswa Akademi Pariwisata (AKPAR) BSI Yogyakarta. Dari batasan masalah dapat dirumuskan beberapa masalah pokok penelitian, yaitu: Apakah ada hubungan positif antara kreativitas dengan minat berwirausaha ditinjau dari jenis pekerjaan orang tua yang berwirausaha. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yang dilaksanakan pada suatu objek tertentu, Dalam penelitian ini variabel yang di gunakan adalah :Variabel bebas (kreativitas), Variabel terikat (minat berwirausaha), dan Variabel pengontrol  (jenis pekerjaan orang tua). Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan PAP II, rata-rata kreativitas mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta baik dari orang tua yang berwirausaha maupun dari orang tua yang bukan wirausaha berada pada kategori tinggi, yaitu 40,50 dan 38,73. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan PAP II, rata-rata minat berwirausaha mahasiswa AKPAR BSI Yogyakarta ditinjau dari orang tua yang bukan wirausaha berada dalam kategori tinggi (40,65). Sedangkan ditinjau dari orang tua yang wirausaha berada pada kategori sangat tinggi (42,33). Terdapat hubungan yang significant antara  kreativitas mahasiswa dengan minat berwirausaha mahasiswa ditinjau dari orang tua yang bukan wirausaha dengan significansi 0,025.Terdapat hubungan yang significant antara kreativitas mahasiswa dengan minat berwirausaha mahasiswa ditinjau dari orang tua yang  wirausaha dengan significansi 0,020. Pekerjaan orang tua yang berwirausaha lebih berpengaruh terhadap kreativitas dan minat berwirausaha mahasiswa dari pada pekerjaan orang tua yang bukan wirausaha, karena korelasi antara kreativitas mahasiswa dengan minat berwirausaha ditinjau dari orang tua yang berwirausaha lebih besar, yaitu : 0,542 ³ 0,540.

Kata kunci: Kreativitas, Minat Berwirausaha, Pekerjaan Orang Tua


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Biro Pengembangan Sosial Budaya (BPSP). 2000. Membangun Ekonomi Keuangan Keluarga. Semarang.

Buletin BSI. 2008.Career Center. Vol II NO 7

Masidjo, Ignasius.1995. Penilaian Hasil Belajar.Yogyakarta : Kanisius

Nasution, Thamrin. 2006. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiono. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sumahamijaya, Suparman. 2000. Membina Sikap Mental Wiraswasta. Jakarta: Gunung Jati.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Wiratmo, Masykur. 2001. Pengantar Kewiraswastaan Kerangka Dasar Memasuki Dunia Bisnis.Yogyakarta: BPFE.

Wiriatmojo, Rochiati. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Rosda Karya.

Wycoff, Joyce. 2005. Menjadi Super Kreatif melalui metode Pemetaan Pikiran. Bandung : Kaifa.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v8i1.1937

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License