Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Pantai Setrojenar dan Pantai Ambal di Kebumen

Mr Yulianto, R. Jati Nurcahyo

Sari


Destinasi wisata pantai dapat dikembangkan dan menjadi daya tarik wisatawan
lokal maupun mancanegara. Wisata pantai memang sangat cocok di kembangkan di Indonesia terbukti banyak wisata pantai di Indonesia yang mampu bersaing dengan
destinasi pantai di dunia. Wisata Pantai Setrojenar dan pantai Ambal Kebumen memiliki kemiripan dan keindahan alam yang hampir sama dan jarak ke lokasi dari kota Kebumen cukup dekat, terdapat beberapa kendala untuk pengembangan wisata. Metodologi penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analitis, Teknk pengolahan data menggunakan analisis SWOT dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan. Agar tercapainya tujuan dari penelitian ini, Berdasarkan hasil analisis yang menggunakan metode analisis Strength, Weaknesess, Opportunities Treat (SWOT) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa factor internal dan eksternal mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata Pantai Setrojenar dan Pantai Ambal. Analisis SWOT merupakan strategi perencanaan dan pengembangan yang dapat diterapkan pada objek wisata Pantai Setrojenar dan Pantai Ambal Sedangkan strategi yang bisa dilakukan dalam pengembangan potensi pariwisata Pantai Setrojenar dan Ambal Kebumen antara lain ialah; 1.Strenght–Oppurtunity (S-O) daya tarik wisata dan strategi pengembangan pantai, 2.Strenght–Threats (S-T) yang menghasilkan strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan, 3.Weakness–Oppurtunity (W-O) menghasilkan strategi peningkatan kualitas kerjasama dan peningkatan promosi, dan 4.Weakness–Threat (W-T) menghasilkan strategi pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia masyarakat sekitar


Kata Kunci


Strategi pengembangan, Wisatawan, SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cooper,et.al. 2015. Tourism Principle and Practise. Prentice Hall, Newyork

Dahuri, R., Rais, J., Ginting S. P., Sitepu M. J. 2004. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Ed rev. Pradnya Paramita. Jakarta

David, Fred.2009. Startegic Manajemen : Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Rangkuti, F. 2008. "Analisis, SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis". PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Simonds, J. O. (1978). Landscape Architecture (Fourth : A Manual Land Planning and Design ed.). London.

Suswantoro, Gamal. 2007. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta. Andi Offset

Undang Undang No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwsataan




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v13i2.13882