Signifikasi Produk Wisata, Persepsi Harga Dan Lokasi Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Snowbay Waterpark TMII

Helda Chylia Sianturi, Salman Paludi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Produk Pariwisata, Persepsi Harga dan Lokasi atas Keputusan Mengunjungi Snowbay Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Dalam penelitian ini populasinya adalah pengunjung Snowbay TMII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, dengan metode accidental sampling sebanyak  100 responden yang merupakan pengunjung Snowbay TMII pada bulan Maret 2019, yang berusia 17 tahun ke atas serta  bersedia mengisi kuesioner penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian yang diukur dengan 5 pilihan skala Liker yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analitik menggunakan asumsi klasik, sebelum menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software statistik SPSS, diikuti dengan korelasi dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa produk pariwisata berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan berkunjung, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan berkunjung, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan berkunjung. Secara bersamaan variabel produk wisata, harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan berkunjung ke Snowbay waterpark TMII.

Kata Kunci


Produk Pariwisata, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan berkunjung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anwani, A. (2021). Analisis Obyek Daya Tarik Wisata Dan Aksesbilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Pantai Baru Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10182

Arista, I., Darsiharjo, Marhanah, S. (2017). Pengaruh Produk Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Pulau Lengkuas, Belitung. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(1), 33–37. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i1.8433

Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Armstrong, Gary., Opresnik, Marc Oliver. (2018). Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi 17. United Kingdom: Pearson Education

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow Effect of Location , Perception of Prices and Tourism Attraction on the Decision To Visit Travelers At Lake Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Pemasaran Jasa. Tangerang: Universitas Terbuka.

Paludi, Salman, (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN, Jakarta

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyantari, Enny. Risangaji, A. T. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap

Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis. Media Wisata, 18(1), 231–250. https://doi.org/10.36275/mws

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p734-741

Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie L. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suryadana, M Liga dan Octavia, Vanny. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Suwantoro, Gamal. (2004). Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Edisi keempat. Yogyakarta: ANDI.

Yoeti, Oka. (2003). Tours and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v13i1.11103