Rancang Bangun Learning Management System Menggunakan Framework CodeIgniter Pada PT. Rekayasa Industri

Sumarna ., Mohammad Roffi Suhendry, Eri Riana, Verry Riyanto, Hafis Nurdin

Abstract


Dalam mendukung kinerja perusahaan yang efektif dan efisien, PT. Rekayasa Industri (Rekind) mengimplementasikan aktifitas training untuk meningkatkan kualitas dari potensi kerja yang dimiliki karyawan terhadap bidang pekerjaanya. Penerapan training yang masih dilakukan secara tatap muka menjadi salah satu indikator kendala pada perusahaan karna perusahaan memiliki site project yang berlokasi jauh dari home office sehingga menghabiskan waktu dan biaya tansportasi. Gaya belajar yang memiliki perbedaan pada tiap-tiap karyawan juga kurang mendukung pada penerapan training secara tatap muka. Materi yang digunakan dalam proses training masih belum tersimpan dengan efektif. Untuk itu penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk melakukan perancangan dan pembangunan sistem manajemen pembelajaran (e-learning) yang dapat mengakses dan menyimpan materi, serta memudahkan proses training secara online melalui website oleh karyawan dan instruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu model pengembangan SCRUM yang meliputi: Product backlog, Sprint Backlog, Sprint, dan Working Increment of The Software. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat membangun learning management system berbasis web dengan menggunakan framework codeigniter yang dapat diakses secara online serta memudahkan karyawan dan instruktur dalam melakukan proses training, sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi kinerja pada perusahaan

Keywords


codeigniter, e-learning, learning management system, SCRUM, web programming

Full Text:

PDF

References


Dafitri, H., & Elsera, M. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB ( studi kasus: SMA Swasta Harapan I Medan ). Jurnal Sistem Informasi, 1(2), 23–32.

Dharmawan, S. S. (2020). Mengenal Learning Management System. Retrieved April 9, 2020, from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/sarah33150/5e27df57d541df47857cf962/mengenal-learning-management-system

Ependi, U. (2018). Implementasi Model Scrum pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.30591/JPIT.V3I1.640

PT Rekayasa Industri. (2019). PT Rekayasa Industri. Retrieved April 7, 2020, from PT. Rekayasa Industri website: http://www.rekayasa.com

Puspitasari, D. (2016). SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEB. Pilar Nusa Mandiri, 12(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/227462-sistem-informasi-perpustakaan-sekolah-be-90754734.pdf

Romindo. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, Volume 2 N, 6. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Swara, G. Y. Kom. M., & Pebriadi, Y. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Bioskop Berbasis Web. Jurnal TEKNOIF, 4(2), 27–39.

Teuku Fadjar Shadek, R. S. (2017). Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor ( Php ) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Jurnal ProTekInfo, 4, 1–18.

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v7i1.9114

Copyright (c) 2021 Sumarna ., Mohammad Roffi Suhendry, Eri Riana, Verry Riyanto, Hafis Nurdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License