PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA
Abstract
Kindergarten Students still use conventional methods to learn
about the Asmaul Husna, the use of technology has not been fully
utilized. This causes the difficulty of understanding the student in
the learning process. Additionally, causing a sense of boredom in
memorizing Asmaul Husna. Therefore, it is necessary that the
appropriate learning media kindergarten students become more
interested in memorizing Asmaul Husna. The use of interactive
animations is the best solution to solve the existing problems, but
can be used as a medium of learning, interactive animation can
also eliminate the tedium of the everyday activities of children.
Intisari – Komputer yang merupakan suatu peralatan yang
dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia,
baik di bidang pekerjaan maupun di bidang pendidikan. Pada
saat ini, Siswa Taman Kanak-Kanak masih menggunakan
metode konvensional dalam belajar mengenal Asmaul Husna,
penggunaan teknologi belum dimanfaatkan secara maksimal.
Hal ini menyebabkan sulitnya pemahaman siswa dalam proses
belajar mengajar. Selain itu, menimbulkan rasa bosan dalam
menghafal Asmaul Husna. Oleh sebab itu, diperlukan media
pembelajaran yang sesuai supaya Siswa Taman Kanak-Kanak
menjadi lebih tertarik dalam menghafal asmaul husna.
Penggunaan animasi interaktif merupakan solusi yang terbaik
untuk memecahkan permasalahan yang ada, selain dapat
digunakan sebagai media pembelajaran, animasi interaktif juga
dapat menghilangkan rasa bosan terhadap aktivitas anak
sehari-hari.
Kata kunci – animasi interaktif, asmaul husna, media
pembelajaran, teknologi
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI [1] Binanto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori dan
Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2010.
Hasanuddin. Pemrograman ActionScript dengan Flash 5 dan
Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2010.
Islandscript. Membuat Animasi Kartun dengan Macromedia Flash 8.
Jakarta: Datakom Lintas Buana. 2008. [4] Juhaeri. Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran. Diambil
dari: http://ilmukomputer.org/pengantar-multimedia-untuk-mediapembelajaran-
bagian-1 .pdf. 2007.
Rizky, Soetam. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak (Software
Reenginering). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2011.
DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v2i1.369
Copyright (c) 2016 Sri Ariyati, Titik Misriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120