RANCANGAN ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF ALFABET PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Ahmad Faris, Ade Fitria Lestari

Abstract


Abstract – An early age is the golden age for children in
receiving and caught a novelty. From an early age to be
given the knowledge that is beneficial to the development of
the mindset that would be useful for him and the
surrounding environment. The introduction of the alphabet
is learning introduction letters that are the basis for early
childhood. Teachers in providing an introduction to the
alphabet to his disciples is to pronounce each letter of the
alphabet and wrote the alphabet on a Blackboard, it proved
less effective for pupils in the following and accept the
introduction of the alphabet. Animation serves as a medium
of learning that is interesting because in visual form the
move accompanied audio which can be used to explain the
difficult subject matter presented. In facilitating the
introduction of the alphabet in an interesting then designed
an interactive animation of the introduction of the alphabet
for the pupils in the OLD. This research uses the method of
collecting the data of observation, interview, and the study of
the literature. While the model of development system with a
waterfall and applications using Macromedia Flash
Professional 8. The results of this research in the form of
storyboards, design of state transition diagrams,
implementation design and testing with interface blackbox
and white box testing. The presence of interactive animated
introduction to the alphabet is expected to help pupils
understand, recognize letters and words with interesting
learning media.
Intisari - Usia dini merupakan usia emas bagi anak dalam
menerima dan menangkap hal yang baru. Sejak usia dini
perlu diberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi
perkembangan pola pikir yang nantinya bisa berguna
untuk dirinya dan lingkungan di sekitarnya. Pengenalan
alfabet adalah pembelajaran pengenalan huruf-huruf
yang dasar bagi anak usia dini.
Guru dalam memberikan pengenalan alfabet kepada
siswa adalah mengucapkan masing-masing huruf alfabet
dan menulis huruf alfabet di papan tulis, cara ini dirasa
kurang efektif bagi siswa dalam mengikuti dan menerima
pengenalan alfabet. Animasi berperan sebagai media
pembelajaran yang menarik karena dalam bentuk visual
bergerak disertai audio yang dapat di manfaatkan untuk
menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan.
Dalam memudahkan pengenalan alfabet secara menarik
maka dirancang sebuah animasi interaktif pengenalan
alfabet untuk siswa di PAUD. Penelitian ini menggunakan
metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan
sdteundgia np uwsatatekraf.a lSl eddaann gakpalink amsi omdeeln gpgeunngaekmabna nMgaacnr osmisetedmia
Flash Profesional 8. Hasil dari penelitian ini berupa
rancangan storyboard, state transition diagram,
implementasi rancangan antar muka dan pengujian
dengan blackbox dan white box testing. Kehadiran animasi
interaktif pengenalan alfabet ini diharapkan dapat
membantu siswa memahami, mengenal huruf dan kata
dengan media pembelajaran yang menarik.
Kata Kunci – Usia Dini, Alfabet, Animasi Interaktif, Flash

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Press. 2009.

Nugroho. Analisis & Desain Aplikasi Multimedia untuk

Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. 2010.

Nugrahani, Rahina, Dendra Dhevi dan Moch.Rondhi.

Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Angka

dan Huruf untuk Anak Taman Kanak-Kanak. ISSN 252-

Diambil dari : journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty/article/download/

/2248. 2013.

Sudirman. 9 Animasi Iklan Dengan Flash CS5.

Palembang: Maxikom. 2011. [5] Suheri, Agus. Animasi Multimedia Pembelajaraan.

Bandung. 2009. [6] Suliyanto, Vincent Suhartono dan Edi Mulyanto.

Pembelajaraan Autocad Dengan Modus Interaktif.

Yogyakarta, Andi. 2010

Yudhiantoro, Dhani. Membuat Animasi Web dengan

M Zacurloitma,e dLiae nFi laNsha t8a.l iYa,o gLyiaa kaYrutal:ia Antnid id. a2n0 0J6u.j u Jumadi.

Implementasi Multimedia dalam Pembelajaran

Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia

Dini (PAUD). Jurnal Media Infotama.Vol. 9 No.1.

Diambil dari :

jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/download/27/25

. 2013.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v2i1.363

ISSN2550-0120

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License