RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGENAL HIV/AIDS PADA MATERI BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH ATAS

Hamdatun Nupus, Eni Heni Hermaliani, Nurfia Oktaviani Syamsiah

Abstract


line"> <Abstract— Rapid technological developments especially computer,
bring positive effects in education. Computers can be used as a
medium of interactive learning. To facilitate the delivery of
learning materials to students learning the material attractively
packaged in the form of multimedia that is educational and
entertaining for students. The purpose of this research is to create
an interactive learning media application design material
introduction counseling HIV/AIDS as an alternative media that is
easy to understand the high-school level students with the concept
of edutainment. The study design of interactive media applications
include methods of observation, interviews and library research
conducted within the scope of the school where the research. The
results of this study in the form of design and implementation of
systems in which the author uses Transation Story Board and State
Diagrams in the design ofapplications and Adobe Flash CS3 in its
implementation. The benefits of interactive learning media can
certainly be overcome problems in the delivery of learning
materials in the classroom are still using speech methods and
replace it with a more effective and attractive.
IntisariPerkembangan teknologi yang sangat pesat khususnya
komputer, membawa efek positif dalam dunia pendidikan.
Komputer dapat digunakan sebagai salah satu media
pembelajaran yang interaktif. Untuk memudahkan dalam
penyampaian materi pembelajaran terhadap siswa maka materi
pembelajaran dikemas secara menarik dalam bentuk multimedia
yang bersifat mendidik dan menghibur bagi para siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah membuat suatu rancangan aplikasi
media pembelajaran interaktif pengenalan materi bimbingan
konseling HIV/AIDS sebagai alternatif media pembelajaran
yang mudah dipahami oleh siswa tingkat sekolah menengah atas
dengan konsep edutainment. Penelitian perancangan aplikasi
media interaktif ini meliputi metode observasi, wawancara serta
studi pustaka yang dilakukan dalam ruang lingkup sekolah
tempat penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan
dan implementasi sistem dimana penulis menggunakan Story
Board dan State Transation Diagram dalam perancangan aplikasi
dan aplikasi Adobe Flash CS3 dalam pengimplementasiannya.
Manfaat dari media pembelajaran interaktif ini tentu dapat
mengatasi masalah dalam penyampaian materi pembelajaran
didalam kelas yang masih menggunakan metode ceramah dan
menggantikannya dengan cara yang lebih efektif dan menarik.
Kata KunciInteraktif, Media Pembelajaran, HIV/AIDS, Flash


Full Text:

PDF

References


Bhatnagar, Gaurav , Shika Mehta dan Sugata Mitra. Introduction to

Multimedia Systems. San Diego: Academic Press. 2002

Binanto, Iwan. Konsep Bahasa Pemrograman. Yogyakarta: Penertbit

Andi. 2005.

Daru, Firman April, Susanto dan B.Very Christioko. Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Dengan

PendekatanTutorial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. Semarang :

Universitas Semarang. 2011.

Diambil dari: http://lib.usm.ac.id/digital/files/disk1/2/gdl-usm--

aprilfirma-100-1 - mediape-f.pdf (03 Pebruari 2013)

Hakim, Affanul. Mengenal Adobe flash Cs3 Professional. 2009.

Diambil dari:

www.affanul.net/download/14170935/MengenalAdobeFlashCs3Profe

sional.pdf (06 Nopember 2012)

Komputer, Wahana. Shortcourse Series Adobe Flash CS6. Yogyakarta:

Penertbit Andi. 2012.

Lamberta, Billy. Foundation HTML5 Animation with JavaScript. New

York: Friendsof. 2011.

Latifah, Firma , Bambang Eka Purnama dan Ramadian Agus Triyono.

Media Pembelajaran Interaktif Induksi Elektromagnetik di SMP

Muhammadiyah 1 Kudus pada Kelas 8. Jurnal Speed 13 FTI UNSA

Vol 9 1979-9330. 2012. Diambil dari:

http://www.unsa.ac.id/ejournal/index.php/speed/

article/view/745/media-pembelajaran-interaktif-induksielektromagnetik-di-smp-muhamadiyah-1 -kudus-pada-kelas-8.pdf (09

Oktober 2012)

Lisana. Pembuatan Aplikasi Multimedia Pembelajaran tentang Cara

Berkendara yang Baik. Jurnal Teknologi Informasi, Vol.1, No.2,

November 2011

Pressman, Roger S. Software Engineering A Practitioner’s Approach-

th Pred. New York: McGraw-Hill.2005.

Pihatini, Ciptaningrum dan Bambang Eka Purnama. Media

Pembelajaran Interaktif Teknologi Informasi dan Komunikasi

Microsoft Word 2007 untuk Kelas Delapan pada Sekolah Menengah

Pertama Negeri 2 Sambungmacan Sragen. Jurnal Speed 13 Vol 9 1979-

2012. Diambil dari:

ttp://www.unsa.ac.id/ejournal/index.php/speed/article/view/652/

media-pembelajaran-interaktif-teknologi-informasi-dan-komunikasimicrosoft-word-2007-untuk-kelas-delapan-pada-sekolah-menengahpertama-negeri-2-sambungmacan-sragen.pdf (09 Oktober 2012)

Sjukani, Moh. Algoritma (Algoritma dan Struktur Data 1) dengan

C,C++, dan Java. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2009.

Zarkasyi, Amin dan Gesang Kristanto Nugroho. Media

Pembelajaran Mengenal Komputer Sekolah Menengah Pertama

Kelas 1. Jurnal Speed 13 Vol 9 1979-9330. 2012. Diambil dari:

http://aulianilinda.wordpress.com/tugas-kuliah/jurnal-komputermasyarakat/media-pembelajaran-mengenal-komputer-sekolahmenengah-pertama-kelas-1.pdf (09 Oktober 2012)




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v1i1.240

Copyright (c) 2015 Hamdatun Nupus, Eni Heni Hermaliani, Nurfia Oktaviani Syamsiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License