Evaluasi User Experience Pada Pengguna Aplikasi Maxim Indonesia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Muhammad Rifqi Adli, Wahyudin Wahyudin, syamsul bahri

Abstract


Pengalaman pengguna (User Experience) merupakan aspek yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah aplikasi. Pengguna yang memiliki pengalaman positif dengan sebuah aplikasi cenderung akan lebih sering menggunakan aplikasi dan lebih mungkin merekomendasikannya kepada orang lain. Oleh karena itu evaluasi terhadap pengalaman pengguna pada suatu aplikasi merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa pengguna memiliki pengalaman yang baik dan memuaskan. Metode evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah User Experience Questionnaire. Adapun aspek-aspek yang dievaluasi meliputi Attractiveness (daya tarik), Perspicuity (kejelasan), Efficiency (efisiensi), Dependability (ketepatan), Stimulation (stimulasi), Novelty (kebaruan). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penelitian ini berhasil mengevaluasi pengalaman pengguna pada aplikasi Maxim Indonesia menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Berdasarkan hasil benchmark didapatkan nilai pada masing-masing aspek UEQ dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool meliputi aspek attractiveness (mean 1,19), aspek perspicuity (mean 1,31), aspek efficiency (mean 1,21), aspek dependability (mean 1,14), aspek stimulation (mean 1,15), aspek novelty (mean 0,95) sehingga mendapatkan nilai above average (diatas rata-rata). Berdasarkan hasil evaluasi juga penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan kepada aplikasi Maxim Indonesia untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui area yang perlu diperbaiki meliputi efficiency, dependability stimulation dan novelty dengan tujuan mendapatkan nilai positif yang lebih tinggi dari pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian ini berhasil memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna pada aplikasi Maxim Indonesia dan memberikan panduan untuk perbaikan yang lebih lanjut guna mencapai tingkat kepuasan yang lebih baik.


Keywords


Evaluasi pengalaman pengguna, Maxim Indonesia, User Experience Questionnaire

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A. (2019). Analisis Aplikasi Mobile Transportasi Online Menggunakan User Experience Questionnaire pada Era Milenial dan Z. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 9(2), 204. https://doi.org/10.21456/vol9iss2pp204- 211

Díaz-Oreiro, I., López, G., Quesada, L., & Guerrero, L. (2019). Standardized Questionnaires for User Experience http://doi.org/10.3390/proceedings20190 31014

Santoso, H. B., Schrepp, M., & Kartono, R. Y. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment (Vol. 13). http://sumi.ucc.ie/

Ursachi, G., Horodnic, I. A., & Zait, A. (2015). How Reliable are Measurement Scales? External Factors with Indirect Influence on Reliability Estimators. Procedia Economics and Finance, 20, 679–686. https://doi.org/10.1016/s2212- 5671(15)00123-9

Dyah Anggita, S., & Abdulloh, F. F. (2023). Optimasi Algoritma Support Vector Machine Berbasis PSO Dan Seleksi Fitur Information Gain Pada Analisis Sentimen. JOURNAL OF APPLIED COMPUTER SCIENCE AND TECHNOLOGY (JACOST), 4(1), 2723–1453. https://doi.org/10.52158/jacost.524




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v10i2.23213

Copyright (c) 2024 Muhammad Rifqi Adli, Wahyudin Wahyudin, syamsul bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License