Perancangan User Interface Pada Aplikasi Pencari Kost Dengan Metode Design Thinking

Rahmat Hidayat, Aldian Mauluda, Titik Misriati, Riska Aryanti

Abstract


Tempat kost sangat dibutuhkan bagi para pendatang baik pegawai maupun mahasiswa yang merantau jauh dari rumah. Pencarian tempat kost akan memakan waktu apabila dilakukan dengan mendatangi tempat kost satu per satu untuk mendapatkan tempat kost yang sesuai dengan keinginan pegawai atau mahasiswa. Selain itu, sulit mendapatkan informasi mengenai tempat kost yang dekat dengan kantor atau tempat kuliah. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud merancang sistem aplikasi kost untuk membantu pencari kost dalam menemukan tempat kost dan memudahkan pemilik kost dalam memasarkan tempat kost yang dimiliki. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah design thingking yang terdiri dari Empathise, Define, Ideate, Prototype, Test. Hasil pengujian terhadap aplikasi menunjukkan nilai akurasi 100%, dimana aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai fungsionalitas masing-masing

Keywords


aplikasi, design thingking, pencari kost, user interface

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 2(23), 140–147.

Darmalaksana, W. (2020). METODE DESIGN THINKING HADIS. Indonesia: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Gandhi, B. S., Megawaty, D. A., & Alita, D. (2021). APLIKASI MONITORING DAN PENENTUAN PERINGKAT KELAS. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 54–63.

Hamdandi, M., Chandra, R., Bachtiar, F., Lais, N., Apriyanti, D., & Pribadi, M. R. (2022). Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost Dengan Metode Design Thinking. MDP STUDENT CONFERENCE (MSC), (2021), 392–397.

Harjanti, D. T., Ningrum, E., & Yani, A. (2014). Penerapan Teknik Peta Pikiran (Mind Map) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Pada Peserta Didik Kelas XI-2 IPS SMAN 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Gea, 14(2), 92–98.

Khoirunisa, N. I., & Ramadhani, E. (2022). Implementasi Metode Design Sprint dalam Perancangan UI / UX Aplikasi Golek Kost Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(4), 464–472. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4262

Nurul Fitrah Hayati , Arie Rafika Dewi, F. R. L. (2022). RUKOST AYAH BUNDA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. METHOMIKA, 6(1), 29–33.

Pratomo, A. (2017). Analisa Pengaruh Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja Dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web di P3M Poliban. Jurnal Positif, 3(2), 63–73.

Reski, I., & Tampubolon, C. (2019). Faktor Penentu Preferensi Tipe Hunian di Kalangan Mahasiswa. Jurnal RUAS, 17(1), 17–31.

Shabrina, N., Darmadi, & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Muslim Galeri Indonesia. JURNAL MADANI, 3(2), 164–173.

Sianturi, J. A., Piarsa, I. N., & Purnawan, I. K. A. (2018). Aplikasi Pencarian dan Penyewaan Rumah Kost Berbasis Web dan Android. MERPATI, 6(3), 192–203.




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v9i1.14424

Copyright (c) 2023 Rahmat Hidayat, Aldian Mauluda, Titik Misriati, Riska Aryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License