Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Apoteker Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Rusydi Umar, Herman Herman, Faiz Isnan Abdurrachman

Abstract


Ikatan Apoteker Indonesia( IAI) selaku satu- satunya organisasi di Indonesia yang berkompeten di bidang kefarmasian, IAI diharapkan turut ikut serta dalam pengawasan aktivitas kefarmasian di apotek. Selaku wujud tanggung jawab IAI kepada profesi serta wujud tanggung jawab IAI guna dapat melakukan ketentuan keputusan menteri kesehatan tentang standar pelayanan kefarmasian di apotek, sehingga terbentuk sistem pelayanan kefarmasian yang baik serta memenuhi standar pelayanan kesehatan. IAI ingin memberikan reward untuk apoteker terbaik se-Kabupaten Majalengka sebagai kompensasi dari kinerja apoteker sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh IAI. Namun, pemberian reward apoteker terbaik tersebut masih dilakukan secara manual. Dengan adanya penelitian ini, maka dibuatlah sebuah Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) yang dapat membantu dalam penentuan apoteker terbaik untuk mendapatkan reward dengan menggunakan metode SAW dan berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan yaitu Pengadaan Obat, Pengelolaan Obat, Pelayanan Obat Resep Dokter, Pelayanan Informasi Obat, dan Pengembangan Obat. Banyaknya data yang dijadikan alternatif pada riset ini sebesar 30 responden. Hasil riset ini sudah sesuai dengan harapan IAI yaitu adanya perankingan yang bisa dipakai untuk mengambil keputusan pemberian reward kepada apoteker terbaik. Alternatif dengan ranking tertinggi adalah 0,91 atau A1 dengan nama alternatif “apt., Melly Rachmawati., S.Farm”.

Keywords


Apoteker Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)

Full Text:

PDF

References


Amelia, A. Z., & Suhaimi. (2018). Pelaksanaan Pengawasan Organisasi Profesi Apoteker Terhadap Pelaksanaan Tugas Apoteker Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Kenegaraan.

Darmastuti, D. (n.d.). Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi.

Dawis, A. M. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Pegawai Menggunakan Metode TOPSIS. Junal Ilmiah Sinus, 11-24.

Dominica, D., Putra, D. P., & Yulihasri. (2016). Pengaruh Kehadiran Apoteker Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek di Kota Padang. Jurnal Sains Farmasi & Klinis.

Indonesia, P. R. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian. Jakarta: Sekretariat Negara.

Kwando, R. R. (2014). Pemetaan Peran Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Terkait Frekuensi Kehadiran Apoteker Di Apotek Di Surabaya Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Penta, M. F., Siahaan, F. B., & Sukmana, S. H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode SAW pada PT. Kujang Sakti Anugrah. Journal Scientific and Applied Informatics, 185-192.

Prahartiwi, L. I., & Rosita, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) Di Desa Sukatenang. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 28-33.

Prana, F. W., & Hidayat, A. T. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pada Pengelolaan Aset Menggunakan Metode SAW (Studi Kasus: Kedai Satwa). Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, 1-8.

Turban, E., Aronson, J. E., & Liang, T.-P. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi Offset.

Ernawati, S., & Wati, R. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Berbasis Web. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, V. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2




DOI: https://doi.org/10.31294/jtk.v8i2.13164

Copyright (c) 2022 Rusydi Umar, Herman Herman, Faiz Isnan Abdurrachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2442-2436 (print), and 2550-0120


 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License