PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THESECRET FACTORY OUTLET
Sari
ABSTRACT
The aim of this research is to know the influence of product quality and price to purchase decision of The Secret Factory Outlet in Bandung. This research type is descriptive-verificative. Sampling technique used is incidental sampling with 100 respondents. The technique of data analysis used is multiple linear regression analysis wich hypothesis test uses R2test, t test, and F test. It also performed by classical assumption which include normality test, multicollinierity test, heteroscedasticity test, and autocorrelation test. From the statistical examination known that product quality positively and significantly influence positively and significantly to purchase decision which regression coefficient =0,060, price influence positively and significantly to purchase decision which regression coefficient =0,833, and product quality and price influence simultanously 68,3% to purchase decision.
Keywords: Product Quality, Price, and Purchase Decision.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di The Secret Factory Outlet Kota Bandung. Penelitian ini berjenis deskriptif-verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2, uji t, dan uji F. Penelitian ini juga dibantu dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dari hasil pengujian secara statistik, diketahui bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,060, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi = 0,833, dan kualitas produk dan harga berpengaruh secara simultan sebesar 68,3% terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung: Alfabeta.
Aprianto, Temi. (2012). Pengaruh Shoping Destination Strategy Terhadap Keputusan Berkunjung Di Bali Heaven Factory Outlet Di Kota Bandung. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Ghinitama & Kamal. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian: Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang: Diponegoro Journal of Management. Vol. 1, No. 2:3. Diambil dari: http://ejournal -s1.undip.ac.id/index.php/ djom. (27 April 2015).
Kotler, P., & K. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, P., & K. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2007). Priciples of Marketing. New Jersey: Pearson Education.
Saladin, Djaslim. (2007). Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Purnomo, Y.H. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Cekeran Midun Bandung. Bandung: Program Studi Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi III. Jogjakarta: CV Andi.
Widyasari, D.Y. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Katering Box Pada 14 Perusahaan Katering di Kabupaten Purwakarta. Bandung: Program Studi Manajemen Industri Katering, Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v3i1.902