ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PRAMUWISATA DALAM PERSEPSI WISATAWAN DI MUSEUM LA GALIGO KOTA MAKASSAR

Anni Nurinsani, Windra Aini, Suardi Suardi

Sari


ABSTRAK

 

Museum La Galigo merupakan salah satu daya tarik wisata yang menarik dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Makassar. Peran pramuwisata menjadi prioritas di kawasan tersebut dalam memberikan pelayanan, karena penilaian wisatawan terhadap suatu destinasi wisata dinilai dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh pramuwisata kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kualitas pelayanan pramuwisata di museum La Galigo Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survey, populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Museum La Galigo Kota Makassar, analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pramuwisata kepada wisatawan yang berkunjung di Museum La Galigo Kota Makassar termasuk dalam kategori baik. Hal itu dilihat dari 13 pernyataan yang terdapat dalam kuesioner penelitian dan telah di isi oleh 100 responden

 

Kata Kunci: kualitas pelayayan, pramuwisata, persepsi, wisatawan

 

ABSTRACT

 

La Galigo Museum is one of the interesting tourist attractions visited by tourists visiting Makassar City. The role of guides becomes a priority in the region in providing services, because tourist ratings of a tourist destination are judged by the quality of services provided by guides to tourists. This study aims to determine the perception of tourists on the quality of tour guide services at La Galigo museum, Makassar city. This research method is a quantitative method using survey techniques, the population in this study are tourists visiting the La Galigo Museum in Makassar City, data analysis used is descriptive statistical analysis. The results of this study indicate that the quality of tour guide services to tourists visiting the La Galigo Museum in Makassar City is included in both categories. This was seen from the 13 statements contained in the research questionnaire and were filled out by 100 respondents.

 

Keywords: Service quality, Guides, Perceptions, Tourist.


Kata Kunci


pramuwisata, kualitas pelayanan, persepsi, wisatawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, Rita. 2017. Perilaku Pemandu Wisata Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT. Narasindo Tour & Travel. Skripsi Universitas Sumatera Utara (Diakses pada 21 Januari 2020)

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan. (Diakses pada 24 Januari 2020)

JuwitaSari, W. Citra. 2017. Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pramuwisata Lokal Di Taman Wisata Alam Sangeh Bali. Skripsi Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Denpasar (Diakses Pada 21 Januari 2020)

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prentice Hall

Parasuraman, A, Valarile A. Zeithaml, dan Leonard L, Berri. A conceptual Model Of Service Quality and Implication for Future Research, Journal of Marketing Volume 49 (fall)

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy, Chandra, dan Gregorius. 2011. Service, Quality, And Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Tjiptono. 2012. Service Management. Yogyakara: Andy Offset

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tetang Kepariwisataan (Diakses pada 27 Februari 2020)

Website (20115) Jurnal Pengaruh Kualitas Pelayanan. (Diakses pada 23 Januari 2020)




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v7i2.8584

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License