Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta

Rachel Dyah Wiastuti, Sarrah Kimberlee

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek di SIMETRI Coffee Roasters Puri Kembangan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer didapatkan melalui survei menggunakan kuisioner yang menggunakan pertanyaan tertutup dalam pilihan jawaban skala Likert dan dari wawancara dengan manajemen SIMETRI. Sample dalam penelitian ini adalah 100 konsumen SIMETRI Coffee Roasters, yang dihitung berdasarkan rumus Slovin, dan disebarkan berdasarkan metode convenience sampling pada Mei 2018. Ekuitas merek berperan sebagai variable bebas dan keputusan pembelian sebagai variable terikat. Deskriptif statistik digunakan untuk mengetahui bagaimana ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen SIMETRI. Ekuitas merek terdiri dari empat dimensi yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Sedangkan analisis korelasi dan regresi digunakan untuk mengukur hubungan dan pengaruh ekuitas merek dengan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat dan positif, serta pengaruh yang signifikan. 


Kata Kunci


Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Kedai Kopi, Persepsi Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, David. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Spektrum

Alfionita, C. M., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS). Jurnal Administrasi Bisnis, 36, 178- 185.

Algesheimer, R., Dholakia, U.M. & Herrmann, A. (2005). The Social Influence of Brand Community; Evidence from European Car Clubs. Journal of Marketing, 69, 19-34.

Buil, I., Martinez, E., & Chernatony, L. d. (2013). The Influence of Brand Equity on Consumer Responses. Journal of Consumer Marketing, 62-74.

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2013). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakkarta: BPFE-Yogyakarta.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Gunawardane, N. R. (2015). Impact of Brand Equity towards Purchasing Decision: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka. Journal of Marketing Management, 4(1), 100 – 117

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management. Harlow: Pearson Education Limited.

Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 93-102.

Khoiriyah. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga Merek Tupperware di Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 2(1), 1-14.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Marketing an Introduction. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Lukman, M. D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro KEmasan Kotak. Jurnal Administrasi Bisnis, 10, 64-81.

Maharani, S. (2018, Mei 8). Fenomena 'Demam' Coffee Shop di Indonesia. Retrieved from https://kumparan.com

Massie, P. V. (2013). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian XL Mobile Data Service di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1, 1474-1481.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Orth, U., Wolf, M & Dodd, T. H. (2005). Dimensions of Wine Region Equity and Theirs Impact on Cunsumers preference. Journal of Product and Brand Management. 14(2), 88-97.

Pappu, R., Quester, P.G. and Cooksey, R.W. (2005). Consumer-based brand equity: improving the measurement. Empirical evidence. Journal of Product and Brand Management. Vol. 14(3),143-54

Qraved. (2018). Coffee & Tea Shop in Jakarta Barat. Diambil kembali dari www.qraved.com.

Rangkuti, F. (2016). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sari, I. K. (2017, November 11). Tren Minum Kopi di Kalangan Milenial Tetap Eksis 10 Tahun ke Depan. Diambil kembali dari https://kumparan.com

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Proftable. Jakarta: Gramedia

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soebianto, A. (2014). Analisis Pengaruh Faktor - Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen di Kota Bandung. E-Journal Graduate Unpar, 1, 14-37.

Sudomo, S. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Pepsodent di Kabupaten Bantul). JBMA, 1, 33-48.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyani, K. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5, 1- 13.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Vogel, S., & Draper-Rodi, J. (2017). The importance of pilot studies, how to write them and what they mean. International Journal of Osteopathic Medicine, 23, 2-3.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v5i2.4073

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License