Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association Terhadap Purchase Intention Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok

Luthfi Maulana Ridwan, Ani Solihat, Andry Trijumansyah

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengaruh “Pengaruh Product Knowledge dan Brand Association terhadap Purchase Intention pada Kawasan Kampung Kreatif Dago Pojok”. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung kampung kreatif dago pojok dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang responden. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Deskriptif Verifikatif dan alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh hubungan antara variabel satu dan lainnya dan juga menggunakan Uji Hipotesis F dan T yang bertujuan untuk melihat pengaruh Variabel product knowledge, brand association dan purchase intention berpengaruh secara parsial ataupun simultan. Persmaan Regresi Linear didapatkan berdasarkan hasil uji statistik pada program SPSS yaitu Y = 7.846 + 0.279 (X1) + 0.261 (X2) dan hasil koefisien Korelasi R sebesar 0.564 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara masing-massing variabel. Sedangkan hasil Koefisien Determinasi R2 sebesar 0,375 yang berarti bahwa Product Knowledge dan Brand Association mampu mempengaruhi Purchase Intention dengan persentasi 37.5% sedangkan sisanya 62.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Dapat disimpulkan bahwaa dari hasil uji SPSS bahwa semua Variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan bila di uji scara bersama-sama ataupun di uji scara parsial. Kata Kunci : Product Knowledge, Brand Association, Purchase Intention ABSTRACT The research was purposed to find out the description of ), Influence of Product Knowledge and Brand Association towards to Purchase Intention of Dago Pojok the Creative Village Area The population target in this research are all of consumers of Dago Pojok the Creative Village Area and took 60 respondentsas sample.This research used verification descriptive as the method and multiple linear regression as analysis tool. That was purposed to measure the influence between the variable ang the other one, and also used Hypotesy test F adnd T to found out the influence of advertising variable, Sales Promotion and Quality Of Product would be influenced partially or simultanously. Linear regression equation was gotten based on statistical result at SPSS Program. They are Y = 7.846 + 0.279 (X1) + 0.261 (X2) and th Correlatio Coefficient R at 0.564. This is shows that there is a significant influence among variable. Where as the result of determination coefficient R2 at 0,375. It means that Product Knowledge and Brand Association capable of Purchase Intention decision with percentage value 37.5%. And the remains of it 62.5% are influenced by this research. It can be concluded from the SPSS test result that all of independent variables have significant influence if they are tested simultanously or partially. Keywords : Product Knowledge, Brand Association, Purchase Intention

Kata Kunci


Product Knowledge, Brand Association, Purchase Intention

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agoes, A. (2015). Pengembangan Produk Pariwisata Perdesaan di Kampung Dago Pojok Bandung. Manajemen Resort & Leisure Vol. 12, No. 1, April 2015.

Ananda, S., Ferdinand, A. T., & Astuti, S. R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Promosi dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Studi pada Bukit Anugrah Abadi. Diss. Diponegoro University.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hakim, M. L. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Pengetahuan Produk Terhadap Niat Pembelian Iphone di Surabaya. STIE PERBANAS SURABAYA.

Irawan, A., & Pane, A. (2011). Pengaruh Segementasi Pasar Terhadap Minat Beli pada Perumahan Citra Garden Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Gema,1 (2).

Kotler, P., & Garry, A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, A. R. (2015). Analisis Pengaruh Product Knowledge, Sikap pada Produk terhadap Minat Beli Produk Zandilac. Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Nurani, E. S., & Haryanto, J. O. (2010). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Association, Brand Personality dan Product Characteristics dalam Menciptakan Intensi Pembelian (Studi pada Iklan Kuku Bima Ener-G Rosa Versi Chris John). Journal of Business Strategy and Execution 2(2) 104-125.

Peter, P., & Olson, J. (2005). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: Mc. Graw Hill.

Pradipta, B., & Suminar, B. (2014). Pengaruh Citra Merek, Keterlibatan Produk, dan Pengetahuan Produk Terhadap Niat Konsumen Membeli Minuman Isotonik Pocari Sweat di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Quantrianto, F. H., & et.al. (2013). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Kecap Manis Merek ABC . Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 April.

Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya. Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 1, No. 2, April 2017.

Rismawan, I. M., & Purnami, N. M. (2017). Peran Price Discount Memoderasi Pengaruh Product Knowledge dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.6, No.1, 2017: 264-288.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susilo, I., & Semuel, H. (2015). Analisa Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness pada Produk Dove Personal Care di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 9, No. 1, April 2015.

Widjaya, H., Saputra, C., & Andani, K. W. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Asosiasi Merek, Kepribadian Merek dan Karakteristik Produk terhadap Intens Pembelian Produk Kopi di Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi/Volume XX, No. 03, November 2015: 401-413.

Yanti, M. O. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Aqua. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5, No. 5 Mei.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v5i1.3060

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License