DIVERSIFIKASI ATRAKSI DI DESA WISATA LUMBAN SUHI-SUHI TORUAN, SAMOSIR
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan diversifikasi atraksi wisata berbasis budaya dan alam di Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi Toruan (Dewi Lusi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dimana data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 5 informan dari perwakilan desa, pengrajin ulos, wisatawan dan pegiat wisata lokal. Analisis menggunakan pendekatan tematik dengan analisis Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Pantai Lumban Manik sebagai atraksi wisata baru dapat memperluas portofolio atraksi Dewi Lusi, memperpanjang lama tinggal wisatawan, dan memperkuat positioning Dewi Lusi sebagai desa wisata budaya. Strategi pengembangan atraksi baru yang inklusif, berbasis kearifan lokal, serta integratif dengan atraksi budaya yang ada berkontribusi positif terhadap keberlanjutan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat.
Kata kunci : diversifikasi atraksi, desa wisata, desa wisata budaya, BMC, Danau Toba
ABSTRACT
This study aims to formulate a strategy for developing diversified cultural and natural attractions in the Lumban Suhi-Suhi Toruan Tourism Village (Dewi Lusi). Using a qualitative case study approach, data were collected through in-depth interviews, observation, and documentation. Thematic analysis and business model mapping using the Business Model Canvas (BMC) framework were applied. The findings indicate that the development of Pantai Lumban Manik as a new tourism attraction can expand Dewi Lusi's attraction portfolio, extend tourist length of stay, and strengthen Dewi Lusi’s positioning as a cultural tourism village. The strategy for developing new attractions emphasizes inclusiveness, integration with existing cultural assets, and a foundation in local wisdom, all of which contribute positively to tourism sustainability and community empowerment.
Keywords: attraction diversification, tourism village, cultural tourism village, BMC, Lake Toba.
Kata Kunci
Referensi
Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2017). Pengembangan model bisnis pada lokawisata baturaden menggunakan business model canvas. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 137–144.
Cahyani, U. E., Sari, D. P., & Siregar, R. M. A. (2022). Analisis bibliometrik pariwisata halal untuk mengeksplorasi determinan daya saing destinasi wisata. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 106–121.
Elfianita, E. (2016). Pengembangan Pariwisata Berbasis Community Based Tourism (CBT) Di Desa Wisata Limbasari Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 5(3), 1–11.
Ginting, N., & Halim, S. (2019). Facilities’ Arrangement of Tourism Area in Lumban Suhi-suhi Village Based on Environmental Element Approach (Sustainable Tourism). Asian Journal of Behavioural Studies, 4(17), 15–28.
Gultom, E. (2023). The Sustainable Tourism of Lumban Suhi–Suhi Village Samosir after The Pandemic. Humaniora, 35(1), 24–32.
Gultom, E. S. (2022). ULOS TRADITIONAL WEAVING RESILIENCE IN LUMBAN SUHI-SUHI TORUAN SAMOSIR VILLAGE IN THE POST COVID-19 RECOVERY. Zzi, R Isa P e Rm, 23.
Gustrian, H., & Fitria, S. E. (2018). Analisis Model Bisnis Pada Jalanesia Dengan Pendekatan Business Model Canvas. EProceedings of Management, 5(2).
Liyushiana, Sibarani, R., Purwoko, A., & Emrizal. (2022). Cultural-Heritage Virtual Tour for Tourism Recovery Post COVID-19: A Design and Evaluation. International Journal of Design & Nature and Ecodynamics, 17(3), 447–451. https://doi.org/10.18280/ijdne.170316
Maharani, M. D. D., & Haeng, A. C. M. (2023). Memorable Torism Experience Sebagai Daya Saing Keberlanjutan Ekowisata Halal. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 1–9.
Prabowo, D., & Pamurti, A. A. (2021). Kajian Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Konsep Desa Wisata Kandri Di Kota Semarang. Plano Madani, 10(1), 221–227. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/planomadani/article/view/15792/pdf
Rahma, H. A. (2024). PENGARUH DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN DENGAN POSITIVE E-WOM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengunjung Waras Farm Cilegon Banten). UNTIRTA.
Retnowati, R., Anis, Y., & Anindita, M. (2024). Optimalisasi pengelolaan desa wisata melalui pendampingan berbasis Business Model Canvas bagi masyarakat Candirejo Kabupaten Magelang. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 55–64.
Sakuntalawati, R. D., Susantiningrum, S., Akbarini, N. R., & Yudhistira, B. (2022). Strategi Pengembangan BUMDes Pilang Berdikari dalam rangka Menuju Usaha Desa Wisata Edukasi Berbasis Business Model Canvas. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 27(2), 93–103.
Suwarno, N. (2009). Models of Land Use Development in Water Toarism Area Case Study: Jolotundo Water Recreation, Klaten. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 16(1).
Tarigan, E. (2016). POTENSI RUMAH TRADISIONAL KARO SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUDAYA DI DESA LINGGA KABUPATEN KARO. Universitas Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v12i2.26530

