STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI PADA WISATA EDUKASI KAMPUNG BAMBOO)
Sari
Penelitian ini bertujuan menganalisis media Instagram dan strategi pemasaran melalui media instagram di Kampung Bamboo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif observasional melalui studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala yang dihadapi Kampung Bamboo dalam mengelola akun Instagram meliputi minimnya kreasi akun yang menyebabkan strategi pemasaran belum optimal dan kurangnya pemahaman tentang cara-cara yang efektif dalam mengelola media sosial instagram. Konten hanya diunggah ketika ada kegiatan atau kunjungan wisatawan, sehingga produksi konten terbatas pada saat ada kegiatan yang berlangsung dan kunjungan wisatawan yang terjadi. Dalam penelitian ini, hasil IFAS menunjukkan total skor matriks adalah 2,835 sedangkan EFAS menunjukkan total skor matriks adalah 2,5458. Hasil ini men menunjukkan posisi pemasaran digital Kampung Bamboo melalui Instagram berada pada sel V dengan Strategi yang dapat dilakukan adalah pertahankan dan pelihara (hold and maintain), upaya yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan konten jalin interaksi aktif dengan pengikut, manfaatkan hashtag dan geo-tag yang relevan, berkolaborasi dengan influencer lokal untuk memperluas jangkauan dan memperkuat citra merek, analisis rutin untuk memahami perilaku pengikut dan memperbaiki strategi pemasaran, perkuat keterlibatan offline, serta kembangkan jaringan dan kerjasama dengan mitra pariwisata lokal guna meningkatkan eksposur dan mencapai audiens yang lebih luas dan memelihara agar hal tersebut terus dilakukan.
Kata Kunci : Pemasaran Digital, Instagram, Kunjungan, Wisata Edukasi.
ABSTRACT
This research aims to analyse Instagram media and marketing strategies through Instagram media in Kampung Bamboo. The approach in this research is qualitative with observational descriptive method through case study. The results showed that the obstacles faced by Kampung Bamboo in managing Instagram accounts include the lack of account creation which causes the marketing strategy to not be optimal and the lack of understanding of effective ways to manage Instagram social media. Content is only uploaded when there are activities or tourist visits, so content production is limited to when there are activities taking place and tourist visits that occur. In this study, the IFAS results show the total matrix score is 2.835 while EFAS shows the total matrix score is 2.5458. These results show that Kampung Bamboo's digital marketing position through Instagram is in cell V with the strategy that can be carried out is to hold and maintain, efforts that can be made are optimising content, establishing active interactions with followers, utilising relevant hashtags and geo-tags, collaborating with local influencers to expand reach and strengthen brand image, regular analysis to understand follower behaviour and improve marketing strategies, strengthening offline engagement, and developing networks and cooperation with local tourism partners to increase exposure and reach a wider audience and maintaining that it continues to be done.
Keywords: Digital Marketing, Instagram, Visits, Educational Tourism.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Afifah, M. N., & Drajat, M. S. (2022). Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Cicalengka Dreamland. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.4461
Agnianto, P. F. T. (2022). Strategi Pemasaran DISBUDPAR Dalam Memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Bintan (Studi Kasus Pada Media Sosial Instagram). Journal of Advertising Fakultas Pariwisata Dan Industri Kreatif, 2(2), 43–61.
Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.5038/2640-6489.6.1.1148
Bong, S. (2019). Manajemen Risiko, Krisis, Dan Bencana Untuk Industri Pariwisata Yang Berkelanjutan. Gramedia pustaka utama.
Brahmanto, E., Musafa, M., & Suryana, S. (2018). Upaya Mewujudkan Wisata Edukasi Di Kampung Tulip Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Budiarti, W., Gravitiani, E., & Mujiyo, D. (2017). Upaya Mitigasi Banjir di Sub DAS Samin Melalui Pengembangan Masyarakat Tangguh Bencana Flood Mitigation Efforts in Samin Sub-Watershed through the Disaster Resilient Community Development. Jurnal Teknologi Lingkungan, 18(2), 241–250.
Dewi, S. W. K., Hernawan, Y., & Musafa. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran Kopi Palasari Melalui Pembuatan Video Kreatif di Kampung Wisata Edukasi Kopi Palasari Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 105–116. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas 116
Elsye, R. (2022). Pengembangan UMKM pada Destinasi Wisata Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.33701/jtpm.v2i1.2399
Gheya, S. (2021). Stragtegi Komunikasi Pariwisata Taman Air Mancur Sri Baduga. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7, 386.
Gunagama, M. G., Naurah, Y. R., & Prabono, A. E. P. (2020). Pariwisata Pascapandemi: Pelajaran Penting dan Prospek Pengembangan. LOSARI : Jurnal Arsitektur Kota Dan Pemukiman, 5(2), 56–68. https://doi.org/10.33096/losari.v5i2.76
Hakim, M. A. F., Ridwan, W. ., & Asmara, A. (2022). Analisis Status Keberlanjutan Ekowisata Boonpring di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Journal of Environmental Engineering and Waste Management, 7(1), 1–19. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/JENV/article/view/3603
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). Instagram Tourism: Menciptakan Hype Pada Destinasi Wisata (Studi Pada Akun @Indoflashlight). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 105. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
Hapsari, A., Sriyanto, Y. P., & Putri, P. R. (2022). Perancangan dan Optimalisasi Instagram sebagai Media Branding dan Promosi Desa Wisata Bugisan. 1(1), 39–46.
Hayati, C. (2023). Menciptakan Hype Atau Buzz Melalui Instagramtourism Untuk Mempromosikan Destinasi Wisata“Hidden Gem.” JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(2), 1525–1537.
Hermawan, H. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57
Hidayah, N., Sopian, T., Aziz M. Nauval, Feby Nur Ikrawardani, Flavia Domitilla Fausta, Inggit Salsabila Putri, M. Hafidz Annazly, & Salma Nabila M. (2021). Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(2), 57–75. https://doi.org/10.34013/jk.v5i2.408
Juwita, T., Novianti, E., Tahir, R., & Nugraha, A. (2020). Pengembangan Model Wisata Edukasi Di Museum Pendidikan Nasional. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.17509/jithor.v3i1.21488
Kristianae, V., & Sahay, M. (2019). Pengaruh Social Media, Learning Orientation, Dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilitas UKM Kerupuk Ikan Saluang di Kalimantan Tengah. Journal System, 14(2), 1959–1966.
Kusuma, Y. S. (2015). Fasilitas Wisata Edukasi Permainan Tradisional di Surabaya. EDimensi Arsitektur Petra, III(2), 385–392. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/view/9430%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/viewFile/9430/8508
Lathifa, L., Anggrainy, H., & Handayani, W. (2023). Implementasi Strategi Instagram Marketing pada Bus Pariwisata Mustika Sriti Trans. 2(2).
Lathifah, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial (Facebook dan Instagram) Sebagai Pembelajaran Komunikasi diGital pada Mata Kuliah bahasa Inggris Pariwisata DiPoliteknik Pariwisata Lombok. Concept and Communication, null(23), 301–316.
Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., Kawet, R., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4), 11–20.
Maesari, N., Suganda, D., & Rakhman, C. U. (2020). Pengembangan Wisata Edukasi Berkelanjutan di Museum Geologi Bandung. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.34013/jk.v3i1.29
Mafulla, D., & Kholik, A. (2021). Efektifitas Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Promosi Online Kawasan Wisata Pacet Mojokerto. El-Idaarah (Jurnal Manajemen), 1(2), 1–8. http://jurnal.stiedarulfalahmojokerto.ac.id/index.php/Jurnal-el-Idhara/article/download/87/114
Manullang, R. (2023). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Instagram Dalam Branding Brand Baru Di Malam Minggu Group. 1(3).
Megadini, R., & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya. Jurnal Barik, 3(1), 69–81. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Ningrum, S., Monoarfa, M. A. S., & Juanna, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 225–241.
Ozali, I., Rahayu, I., Transportasi, I., & Cakrawala, P. B. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Rangka Peningkatan Wisatawan Bintan Resort Melalui Media Sosial Instagram. 3.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & Lisya, M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Putri, S. I., Lusianingrum, F. P. W., & Winadi, A. I. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Optimalisasi Pemasaran Desa Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3139. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9444
Putri, Z. E., Rainanto, B. H., Abidin, Z., Saragi, C. P., Alyani, C., Herawati, F., Gaol, L. L., Kurniawan, R., Pandowo, A., & Suryantari, Y. (2023). Komunikasi Pariwisata. Global Eksekutif Teknologi.
Rafsanzani, F., Kurniasih, D., & Bandung, U. K. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran melalui Media Sosial Instagram @ Pangandaran . Tourism. 3, 43–50. https://doi.org/10.34013/mp.v1i2.924
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85
Reza, R. R. H., Almas, A. R. D., Widya, W. U., Nisa, A. N. K., & Diky, D. F. M. (2022). Pengembangan Niche Marketing Online Desa Pariwisata Berbasis Konten Lokal dan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sedarhana. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 141–146. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.82
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, aditya H., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, T., & Arif, nina F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.
Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 174. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23545
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharsono, S., Nugroho, A. Y. A., & Harrison, A. (2021). Strategi Pengelolaan Destinasi Pariwisata Berbasis Komunitas Pasca Pandemi Covid19. Prosiding SENAPENMAS, 1371. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15208
Surijah, E. A., Kirana, C., Wahyuni, N. P. J. D., Yudi, P. C., & Astini, N. K. B. (2017). Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 1–17. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Suryana, A., Subekti, P., Yanto, A., Risanti, Y. D., & Nurisani, R. (2019). Eksistensi Promosi di Era Digital (Issue June 2019). Bitread Publishing.
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.
Tešin, A., Pivac, T., Besermenji, S., & Obradović, S. (2022). Exploring the influence of Instagram on travel destination choice. The European Journal of Applied Economics, 19(1), 66–80. https://doi.org/10.5937/ejae19-33584
Tomasi, S., Paviotti, G., & Cavicchi, A. (2020). Educational tourism and local development: The role of universities. Sustainability (Switzerland), 12(17). https://doi.org/10.3390/SU12176766
Wijayanti, A. (2021). Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.36256/ijtl.v2i1.138
Zein, M. F. (2019). Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein.
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v11i2.19983