PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI PANTAI MENGANTI KABUPATEN KEBUMEN
Sari
ABSTRAK
Objek dalam penelitian ini adalah motivasi (X) dan keputusan berkunjung (Y) dengan unit analisis wisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Menganti. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 110 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling acak sederhana. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh motivasi terhadap keputusan berkunjung di Pantai Menganti adalah signifikan dengan nilai regresi sebagai berikut Yi = 4.152+ 0.093X1 + 0.427 X2 + 0.178 X3. Secara lebih rinci data penelitian menunjukkan: (1) Hasil frekuensi penyebaran data variabel motivasi dan keputusan berkunjung berada pada kategori baik, (2) Nilai pengaruh motivasi fisik terhadap keputusan berkunjung signifikan artinya jika motivasi fisik meningkat maka akan ada peningkatan keputusan berkunjung ke Pantai Menganti. (3) Motivasi sosial meningkat diikuti oleh peningkatan keputusan berkunjung ke Pantai Menganti secara signifikan (4) Motivasi fantasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung artinya peningkatan nilai motivasi fantasi akan diikuti oleh peningkatan nilai keputusan berkunjung di Pantai Menganti.
Kata Kunci: motivasi, motivasi fisik, motivasi sosial, motivasi fantasi, keputusan berkunjung.
ABSTRACT
The object in this study was about motivation (X) and visiting decision (Y) with the analysis unit of tourists who are visiting Menganti Beach Kabupaten Kebumen. The type of research used is quantitative descriptive. The sample in this study was 110 respondents with sampling techniques accidental sampling. Data analysis techniques using validity tests, reliability, multiple linear regression, hypothesis testing through T-Test and F-test, and coefficient of determination. The results showed that a motivation influence visiting decision in Menganti Beach is significant with the regression value as follows Yi = 4.152+ 0.093X1 + 0.427 X2 + 0.178 X3. In more detail the research data shows: (1) The result of the frequency of variable data dissemination of motivation and visiting decision is in good category, (2) The value of physical motivation influence against a significant visit decision means that if Physical motivation increased, there will be an increase in visiting decision Menganti Beach Kabupaten Kebumen. (3) Increased social motivation is followed by increased visits to Menganti Beach significantly (4) Fantasy motivation significantly affect the visiting decision means increased motivation value fantasy will be followed by an increase in the value of visits to Menganti Beach Kabupaten Kebumen.
Keywords: motivation, physical motivation, social motivation, fantasy motivation, visiting decision.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggono, A. J., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Paralayang, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 61 (3), 190-197
Buchari Alma., (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
BPS Kabupaten Kebumen Tahun 2022
Castellanos-Verdugo, M., et al (2016). The relevance of psychological factors in the ecotourist experience satisfaction through ecotourist site perceived value. Journal of Cleaner Production, 124,226–235. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.0 2.126
Cajiao, D., et al (2022). Tourists’motivations, learning, and trip satisfaction facilitate pro-environmental outcomes of the Antarctic tourist experience. Journal of Outdoor Recreation and Tourism, 37, 2. https://doi.org/10.1016/j.jort.2021.100454
Fandeli, C. (2007). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Prinsip Dasar dalam Pembangunan. Yogyakarta: Liberty.
Gossling, S., Scott, D., Hall, C.M., (2021). Pandemics, tourism and global change: a rapid assessment of COVID-19. J. Sustain. Tourism 29 (1), 1–20. DOI:10.1080/09669582.2020.1758708
Guggenheim, N., Taubman – Ben-Ari, O., Ben-Artzi, E. (2020). The contribution of driving with friends to young drivers’ intention to takerisks: an expansion of the theory of planned behavior. Accid. Anal. Prev.139,105489. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08230
Hassani, H., Silva, E. S., Antonakakis, N., Filis, G., & Gupta, R. (2017). Forecasting accuracy evaluation of tourist arrivals. Annals of Tourism Research, 63, 112-127. DOI:10.1016/j.annals.2017.01.008
Horner, S., & Swarbrooke, J. (2016). Consumer Behaviour in Tourism. New York: Routledge
Sangadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (W. K Nikoemis, Ed). Yogyakarta: ANDI (W. K Nikoemis, Ed). Yogyakarta: ANDI
Sayangbatti, D. P., & Baiquni, M. (2013). Motivasi dan Persepsi Wisatawan tentang Daya Tarik Destinasi terhadap Minat Kunjungan Kembali di Kota Wisata Batu. Jurnal Nasional Pariwisata, 126-136
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Laras
Yulianto, Atun. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Kamar Hotel D.I. Yogyakarta. Pariwisata, Vol. 9 No. 1 April 2022. Hal. 53-63. Url: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/12331/pdf
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v10i2.16267

