ANALISA PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI PULAU SUMEDANG BELITUNG
Sari
ABSTRAK
Penelitian yang membahas mengenai pengaruh media sosial terhadap kunjungan wisatawan di Pulau Sumedang Belitung masih sedikit, kebanyakan membahas mengenai fauna ikan dan perairannya. Penelitian ini akan sangat bermanfaat agar pihak yang berkepentingan dapat merumuskan strategi pemasaran menggunakan media sosial dengan tepat. Kemudian penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh promosi melalui media sosial terhadap kunjungan wisatawan dan mengetahui jenis media sosial apa yang paling berperan terhadap kunjungan wisatawan di Pulau Sumedang Belitung. Variabel independen yang digunakan adalah media sosial dengan indikator adalah media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi seperti Facebook, YouTube dan Instagram. Sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah Kunjungan Wisatawan. Penelitian ini dilakukan di Desa Pulau Sumedang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner atau angket dengan jumlah 52 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Kemudian akan diuji pengaruh media sosial terhadap kunjungan wisatwan di pulau Sumedang Belitung menggunakan uji t. Untuk melihat pengaruh media sosial terhadap kunjungan wisatawan di pulau Sumedang belitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kunjungan wisatawan di pulau Sumedang Belitung. Persentase sumbangan pengaruh media sosial terhadap kunjungan wisatawan di pulau Sumedang Belitung yaitu Sebesar 22,2%.
Kata Kunci: Media Sosial, Promosi, Kunjungan Wisatawan,
ABSTRACT
There are still few studies that explore the impact of social media on tourist visits to Sumedang Island, Belitung, with the majority of them focusing on the island's fish species and waters. This research will be extremely beneficial in helping interested parties develop effective social media marketing strategies. The study then seeks to establish the level of influence of social media promotion on tourist visits, as well as which types of social media play the most important role in tourist trips to Sumedang Belitung Island. The independent variable is social media, and the indicators are social media platforms that are frequently utilized as promotional media, such as Facebook, YouTube, and Instagram. Meanwhile, Tourist Visits is the dependent variable. This study was carried out on Sumedang Island Village, Membalong District, Belitung. The study was carried out in Sumedang Island Village, Membalong District, Belitung Regency. The data for this study was gathered by the distribution of questionnaires or questionnaires with a total of 52 respondents, using a descriptive quantitative research approach. Simple linear regression analysis was employed to analyze the data. The influence of social media on tourist visits to Sumedang Belitung will then be investigated using the t test. To examine the impact of social media on tourist visits to Sumedang, Belitung. According to the findings of this study, social media has a substantial impact on tourist visits to the island of Sumedang, Belitung. The percentage of social media influence on tourist trips to the island of Sumedang.
Keywords : Sosial Media, Promotion and Tourist Visits
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Oktaviani, D. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa IAIN Metro [Undergraduate, IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1212/
Santosa, & Hermawan, H. (2020). Metodologi Riset Kuantitatif: Riset Bidang Kepariwisataan [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/s9hx7
Sundari, F. (2020). Strategi promosi pengembangan Wisata Pinus Ecopark melalui media sosial dalam perspektif etika bisnis islam (Study pada Wisata Pinus Ecopark di Lampung Barat) [Undergraduate, IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3448/
Supriadi, B., & Roedjinandari, N. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Destinasi Pariwisata. Universitas Negeri Malang.
Susanto, B., & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30737/risk.v1i1.874
Wahyuni, S., Putri, L. T., & Azhari, A. (2022). Pengaruh Promosi Sosial Media Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Andalus. Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 4(2), 261–272. https://doi.org/10.55768/jrmi.v4i2.138
Yulianti, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam, (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung) [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/8680/
Agusra, Dodi, Erfa Okta Lussianda, Yeni Afriyeni. (2019). “Strategi promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada agrowisata tenayan raya pekanbaru provinsi riau,” AKUNTABEL ISSN, Print: 0216-7743 ISSN, Online:2528-1135.
https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL. diakses 12 Maret 2022.
Ayu Lestari, Eka Fadilah. (2019). “Pengaruh Media Sosial, Daya Tarik, Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung.” Skripsi Thesis, Universitas Alma Ata Yogyakarta. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/1285, diakses 15 maret 2022.
Azhari, Lira. (2017). “Studi Komparatif Penerapan Dimensi Sustainable InnovationPada Pariwisata Halal Di Sumatera Barat (Studi Kasus Pada Biro Perjalanan Ero Tour Dan Raun Sumatra)” eskrpsi universitas andalas. http://scholar.unand.ac.id/24807/5/SKRIPSI%20INI%20YANG%20TERBAIK.pdf, diakses 16 maret 2022.
David, Ruthellia Eribka, Mariam Sondakh, dan Stefi Harilama. (2017). “Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi”. E-journal “Acta Diurna” Volume VI. No.1.https://studylibid.com/doc/1779270/pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terhadap-pembentukan. diakses 8 Maret 2022.
Desak Putu Henny Puspawati dan Ristanto. (2018). “Strategi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang,” Jurnal Jendela Inovasi Daerah Vol.I No. 2, Desember,3.http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/14/4, diakses 14 Februari 2022.
Fadhilah, Ikhsan. (2021). “Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Destinasi Wisata Di Provinsi Sulawesi Selatan,” Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP),Vol2,No1.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/4599/0. Diakses 8 Maret 2022.
Fatkhurrozaq. (2020). “Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Di Kecamatan Selo Boyolali,” Studi Deskriptif Kualitatif Pada Admin Akun @explore.selo, Oktober,3. http://eprints.ums.ac.id/86894/3/Naskah%20Publikasi%20-%20Fatkhurrozaq%20-%20L100160084.pdf, diakses 14 Februari 2022.
Ferni Fera Ch. Wolah. (2016). “Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Poso” e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11722/11315, diakses 12 maret 2022.
Fitrotud Diniyah, Lisa B. Gesa, Khoirullah. (2018). “Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta),” STP AMPTA Yogyakarta.4. https://ideas.repec.org/p/osf/inarxi/2n3cu.html, diakses 7 Maret 2022.
Gita Atiko, Ratih Hasanah Sudrajat, dan Kharisma Nasionalita. (2016). “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Indtravel),” Jurnal Sosioteknologi Vol. 15, No 3, Desember, 380. https://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/2428, diakses 14 Februari 2022.
Hermawan, H. (2018). Metode Kualitatif Untuk Riset Pariwisata. Open Sciene Framwork,22. (https://www.researchgate.net/publication/322307031_Metode_Kualitatif_untuk_Riset_Pariwisata). Diakses 14 Februari 2022.
Hulu, Meitolo, et al. (2021). “Dampak Media Sosial Dan Word Of Mouthterhadap Overtourism,” Jurnal Pariwisata, Vol 8, No 2. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp, diakses 16 Maret 2022.
Ida Ri„aeni. (2015). “Penggunaan New Media dalam Promosi Pariwisata Daerah Situs Cagar Budaya di Indonesia,” Jurnal Komunikasi Vol. 9, No. 2.190. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art5, diakses 14 Februari 2022.
Is Susanto, Mad Heri, dan Achmad Fachrudin. (2019). “Dampak Strategi Pemasaran Pariwisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Pantai Wisata Labuhan Jukung Krui Kabupaten Pesisir Barat),” Syi‟ar Iqtishadi Vol. 3 No. 1,118. https://www.researchgate.net/publication/334601148_Dampak_Strategi_Pemasaran_Pariwisata_terhadap_Peningkatan_Kesejahteraan_Masyarakat_dalam_Perspektif_Ekonomi_Islam_Studi_di_Pantai_Wisata_Labuhan_Jukung_Krui_Kabupaten_Pesisir_Barat, diakses 8 Maret 2022.
M. Fariz Syahbani dan Arry Widodo. ”Food Blogger Istagram: Promotion Through Social Media”. Jurnal Ecodemica,Vol. 1, No. 1 (April 2017). https://doi.org/10.38012/jb.v4i1.561, diakses 8 Maret 2022.
Muhammad, Hadi Sirry. (2020). “Strategi Promosi Dan Pemasaran Online Yang Dilakukan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Lombok Timur Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Lombok Timur.” Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram. 48. https://repository.ummat.ac.id/id/
Munirwisata, Awaqibah. (2018). “Wisata Bahari Pulau Pasir Putih Di Sulawesi Barat.” Program Sarjana Arsitektur Jurusan Arsitektur Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12282/1/Awaqibah%20Munir.pdf, diakses 8 Maret 2022.
Niaboy, Johanes Albert And Kawatak, Steven Yones And Lucia, Roosalina Hera. (2021).”Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Kunjungan Wisatawan Di Puncak Kai’santi.” Skripsi Thesis, Universitas Katolik De La Salle. http://digilib.unikadelasalle.ac.id/ diakses 15 maret 2022.
Pambudi, Ryllo Saka Pambudi. (2021). “Strategi Pemasaran dalam Marketplace Facebook. Strategi Pemasaran dalam Marketplace Facebook”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/7389, diakses 12 maret 2022.
Rismalia, Fedy. (2020). ”Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen Bakpia Kukus Tugu Jogja. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/958, diakses 15 maret 2022.
Stevanus, Wisnu Wijaya. (2016). “Media Sosial Bagi Desa Wisata: Sebuah Kajian Konseptual,” Media Teknika Jurnal Teknologi Vol. 11, No. 1, 58. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/MediaTeknika/article/view/516/452, diakses 8 Maret 2022.
Yasmin, Esa Sukmawijaya, & Marlina Widiyanti.b(2020). “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Pada Event Olahraga Indonesia Sport Expo & Forum 2019,” Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol. 19 (2),174–181. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/21824/14689. diakses 12 Maret 2022.
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v9i2.14111