ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI WISATAWAN DALAM PEMILIHAN DESTINASI WISATA SEMASA PANDEMI COVID-19
Sari
Abstrak
Penelitian mengenai perilaku wisatawan dalam memilih destinasi pariwisata di masa pandemi Covid-19, masih sangat jarang dilakukan. Hal ini penting, agar wisatawan tetap dapat melakukan kegiatan wisata dengan aman dan nyaman di masa pandemi Covid-19 dan memilih destinasi wisata yang sesuai dengan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis faktor kepribadian wisatawan, sikap wisatawan, kondisi sosial-ekonomi wisatawan, citra destinasi, fasilitas detinasi dan risiko kesehatan destinasi yang memengaruhi perilaku wisatawan JABODETABEK terhadap pemilihan destinasi wisata di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik survei dengan sampel yang digunakan adalah masyarakat JABODETABEK yang pernah melakukan perjalanan wisata di masa pandemi Covid-19. Uji analisis pada penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Dari hasil penelitian diketahui terdapat tiga faktor yang memengaruhi pemilihan destinasi wisata di masa pandemi Covid-19 yaitu faktor kepribadian wisatawan, sikap wisatawan, dan citra destinasi.
Kata Kunci : Perilaku wisatawan; Pemilihan Destinasi; Pandemi Covid-19
Abstract
The research of tourists behaviour in the selection of tourism destination during pandemic Covid-19 is still very rarely done. This is important, so that tourists can still carry out tourist activities safely and comfortably during the Covid-19 pandemic and choose tourist destinations that are in accordance with their behavior. This research aims to study and analyze of tourist personality factors, tourist attitude factors, tourist socio-economic factors, destination image factors, destination facility factors, and destination health risk factorsthat influencing JABODETABEK tourists behaviour in the selection of tourism destination during Covid-19 pandemic. This is a survey research with a sample of JABODETABEK tourists who have traveled during Covid-19 pandemic. The analysis test in this study used SEM-PLS with a total of 100 respondents. In the results, there are three factors that influence the choice of tourist destinations during Covid-19 pandemic, namely the personality of tourists, tourist attitudes and the image of the destination.
Keywords: Tourists Behavior; Destination Choice; Pandemic Covid-19
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Chebli, A., & Foued. (2020). The Impact of Covid-19 on Tourist Consumption Behaviour : A Perspective Article. Journal of Tourism Management Research, 7(2), 196–207.
DPR RI, P. R. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2009 (Vol. 2009). Diambil dari https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_10.pdf
Indrajaya, D. W. (2020). Peran Teknologi dalam Menghidupkan Kembali Pariwisata di Indonesia. Diambil 10 April 2021, dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/11/13/menghidupkan-pariwisata-di-indonesia-dengan-teknologi
Kementerian Pariwisata. (2017). Kajian Data Pasar Wisatawan Nusantara, 53(9), 1689–1699. Diambil dari https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1553500574_Publikasi_Kajian_Data_Pasar_Wisnus_2017.pdf
Sigala, M. (2020). Tourism and COVID-19: Impacts and implications for advancing and resetting industry and research. Elsevier, (January), 312–321. Diambil dari www.elsevier.com/locate/jbusres%0ATourism
Sofia, H. (2019). Lima Tahun Mengantarkan Pariwisata Indonesia Jadi Sektor Utama Ekonomi. Antaranews.com. Diambil dari https://www.antaranews.com/berita/1123250/lima-tahun-mengantarkan-pariwisata-indonesia-jadi-sektor-utama
Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19, 56–66.
UNWTO. (2006). OECD Glossary of Statistical Terms - International tourist Definition. Diambil 16 Maret 2021, dari https://stats.oecd.org/glossary/detail.asp?ID=6185
UNWTO. (2010). International Recommendations for Tourism Statistics 2008. Diambil 13 Maret 2021 dari https://unstats.un.org/unsd/publication/Seriesm/SeriesM_83rev1e.pdf#page=21
Yousaf et al. (2018). Tourists’ motivations to travel: A theoretical perspective on the existing literature. Tourism and Hospitality Management, 24(1), 197–211.
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v9i2.12388