FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI KAWASAN BALKONDES BOROBUDUR

Ivo Novitaningtyas, Axel Giovanni, Clarisa Alfa Lionora

Sari


ABSTRAK

 

Di masa pandemi Covid-19 destinasi wisata mengalami penurunan kunjungan wisatawan. Kondisi tersebut juga terjadi di kawasan Balkondes Borobudur. Dengan adanya kebijakan CHSE dari Pemerintah dan kecenderungan perubahan perilaku wisatawan di masa pandemi Covid-19, maka perlu diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap minat berkunjung wisatawan di kawasan Balkondes Borobudur. Penelitian ini menggunakan data primer dari 100 responden berdasarkan metode convenience sampling. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata justru tidak mempengaruhi minat berkunjung wisatawan, sedangkan kualitas pelayanan dan kepercayaan dapat meningkatkan minat berkunjung wisatawan. Hasil tersebut memberikan implikasi manajerial bagi pengelola destinasi wisata di kawasan Balkondes Borobudur untuk menerapkan layanan berbasis protokol kesehatan dan meningkatkan kepercayaan wisatawan melalui sertifikasi CHSE.

 

Kata kunci: daya tarik wisata, kualitas pelayanan, kepercayaan wisatawan, minat berkunjung wisatawan

 

ABSTRACT

 

During the Covid-19 pandemic, the number of tourist visits to tourism destinations declined. This condition also occurs in the Balkondes Borobudur area. Based on these, it is necessary to know what factors influence tourist interest in visiting because the Government also create CHSE policy and the trend of changing tourist behavior during the Covid-19 pandemic. This study aims to determine the effect of tourist attraction, service quality, and trust on the interest of visiting tourists in the Balkondes Borobudur area. This study uses primary data from 100 respondents based on the convenience sampling method. Data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results showed that tourist attractions did not affect the interest of visiting tourists, while the quality of service and trust could increase the interest of visiting tourists. These results provide managerial implications for tourism destination managers in the Balkondes Borobudur area to implement health protocol-based services and increase tourist trust through CHSE certification.

 

Keywords: tourist attraction, service quality, trust, tourist interest to visit


 

Kata Kunci


daya tarik wisata, kualitas pelayanan, kepercayaan wisatawan, minat berkunjung wisatawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusti, M., Utari, W., & Mardi, N. (2020). Analisis Pengaruh Promosi dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Perantara (Studi pada Wisatawan Desa Wisata Energi Migas Teksas Wonocolo di Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 804–818. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.397

Amelia, R. (2020). Standar CHSE Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Indonesia. Retrieved December 4, 2020, from http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/12/04/standar-chse-bangkitkan-pariwisata-dan-ekonomi-indonesia/

Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Situs www.traveloka.com. E-Proceeding of Management, 3(2), 1880–1887.

Astari, N. W., & Herlambang, P. G. D. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Hotel Dante di Kabupaten Gianyar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 5(1), 72–79.

Fuady, I., Ramadhan, T., Sunarya, M. A., & Hisyam, G. (2020). Hubungan Terpaan Promosi Wisata Terhadap Minat Berkunjung ke Objek Wisata Citumang. Jurnal Pariwisata, 7(1), 44–51.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kristiana, Y., & Liana, L. (2019). Analisis Minat Wisatawan Lokal Terhadap Taman Rekreasi Di Tangerang Selatan. Jurnal Pariwisata, 6(2), 128–135. https://doi.org/10.31311/par.v6i2.5544

Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio : Jurnal Penelitian Manajemen, 1(2), 144–156. Retrieved from file:///C:/Users/Perpus STIE/Downloads/294-Article Text-848-1-10-20200611.pdf

Minh, N. H., Thu Ha, N., Chi Anh, P., & Matsui, Y. (2015). Service quality and customer satisfaction: A case study of hotel industry in Vietnam. Asian Social Science, 11(10), 73–85. https://doi.org/10.5539/ass.v11n10p73

Nguyen, N., Leclerc, A., & LeBlanc, G. (2013). The Mediating Role of Customer Trust on Customer Loyalty. Journal of Service Science and Management, 06(01), 96–109. https://doi.org/10.4236/jssm.2013.61010

Nurinsani, A., Aini, W., & Suardi, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pramuwisata Dalam Persepsi Wisatawan Di Museum La Galigo Kota Makassar. Jurnal Pariwisata, 7(2), 106–114. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/8584

Purba, M. L., & Simarmata, G. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya Terhadap Daya Tarik dan Minat Berkunjung ke Wisata Percut. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 5(1), 106–117. https://doi.org/10.31289/jkbm.v5i1.1905

Ramadoni, W., & Rumorong, N. E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Wisata dan Harga Terhadap Minat Beli Wisatawan ke Yogyakarta (Studi Kasus Pada Wisatawan yang Menggunakan Jasa Pada CV Hosanna Global Partner). Jurnal Eksekutif, 16(2), 279–294.

Saputro, W. E., Sukimin, & Indriastuty, N. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan). Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56–73.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume, 2(1). https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Solemede, I., Tamaneha, T., Selfanay, R., Solemede, M., & Walunaman, K. (2020). Strategi Pemulihan Potensi Pariwisata Budaya di Provinsi Maluku (Suatu Kajian Analisis di Masa Transisi Kenormalan Baru). Jurnal Ilmu Sosial Keagamaan, I(1), 69–86.

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulastri, Rapini, T., & Kristiyana, N. (2018). Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung yang Berkunjung di Mojosemi Forest Park Kabupaten Magetan Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 37–45.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19(1), 56–66.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12048

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License