STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK UNTUK MENDUKUNG PROMOSI DESA WISATA PUSPOARDI YOGYAKARTA

Atun Yulianto, Emmita Devi Hari Putri

Sari


ABSTRAK

Belum banyaknya masyarakat mengenal dan beminat untuk berkunjung ke desa wisata Puspoardi dengan ikon-ikon wisatanya yang menarik. Hal ini berdampak pada menurunnya semangat pengelola untuk mengembangkan destinasi agar lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan daya tarik yang mendukung kegiatan promosi untuk mendatangkan wisatawan ke desa wisata Puspoardi. Metode penelitian dalam riset ini adalah diskriptif kualitatif yang didukung dengan metode SWOT analysis untuk merumuskan strategi sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian berdasarkan metode analysis yang digunakan menunjukkan bahwa perbandingan bobot score antara kekuatan dan kelemahan adalah kelemahan lebih besar dari pada kekekuatan. Sedangkan perbandingan antara bobot score peluang dan ancaman adalah peluang lebih besar dari pada ancaman. Dengan hasil analysis ini strategi pengembangan daya tarik wisata yang relevan untuk diterapkan pada desa wisata Puspoardi adalah dengan memanfaatkan kelemahan dan peluang (weakness and oppurtinities), dengan rumusan strategi antara lain : menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti perguruan tinggi untuk mendapatkan pendampingan dan pelatihan dalam menyusun strategi informasi dan promosi dengan tehnologi yang ada saat ini, meningkatkan peran serta masyarakat khususnya pengelola desa wisata untuk mengembangkan alat promosi yang relevan dalam versi cetak maupun online, memanfaatkan dukungan pemerintah untuk pembangunan fasilitas pokok yang belum tersedia.

Kata Kunci : Strategi, daya tarik, promosi, wisata

 

ABSTRACT

Not many people know and are interested in visiting the Puspoardi tourist village with its attractive tourist icons. This has an impact on decreasing the enthusiasm of managers to develop destinations to be more optimal. The purpose of this research is to formulate an alternative strategy to develop attractiveness that supports promotional activities to bring tourists to the Puspoardi tourist village. The research method in this research is a qualitative descriptive supported by the SWOT analysis method to formulate strategies according to the research objectives. The results of the study based on the analysis method used indicate that the comparison of the weight score between strengths and weaknesses is weakness greater than strength. While the comparison between the weight of the opportunity and the threat score is a greater opportunity than the threat. With the results of this analysis, the strategy for developing a tourist attraction that is relevant to the Puspoardi tourist village is to take advantage of weaknesses and opportunities, with strategic formulations including: collaborating with other parties such as universities to get assistance and training in preparing information and promotion strategies with existing technology, increase community participation, especially tourism village managers to develop relevant promotional tools in print and online versions, take advantage of government support for the construction of basic facilities that are not yet available.

Key Words: Strategy, Attraction, Promotion, Tourism



Kata Kunci


Strategi, daya tarik, promosi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiyanto, Yoga; Supriatna, Yuda. 2018. Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Sains Manajemen Volume. 4 No. 2 Tahun. 2018, Hal. 83-93.

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut F. (2006). Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta: Pusbar UGM & Andi Yogyakarta

Damanik, Janianton. 2013. Pariwisata Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istifazhuddin, Alif Hazmi. 2016. Evaluasi pelaksanaan kebijakan ADD (alokasi dana desa) di desa Nguwok kecamatan Modo kabupaten Lamongan. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 4, Nomor 2, Mei-Agustus 2016, Hal. 315-326. Universitas Airlangga Surabaya.

Kartika, Titing; Ruskana, Rosman; Fauzi, Mohammad Iqbal. 2018. Strategi Pengembangan Daya Tarik Dago Tea House Sebagai Alternatif Wisata Budaya di Jawa Barat. The Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, Vol. 8, No. 2, 2018, Hal. 121-138

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta

Kotler, Philip; Armstrong; Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Kesebelas. Jakarta: Prehallindo.

Mahendrayani, I Gusti Ayu Putu Seri; Suryawan, Ida Bagus. 2018. Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Destinasi Wisata Vol.5 No.2 Tahun 2018, Hal.

Nainggolan, Deby Marlina; Kampana, I Made Adi. 2015. Strategi Pengembangan Pantai Sawangan Sebagai Daya Tarik Wisata Nusa Dua. Jurnal Destinasi Pariwisata Vol. 3 No 2 tahun 2015, Hal. 45-50.

Utama, I Gusti Bagus Rai & Ni Made Eka Mahadewi. 2012. Metodologi Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta: ANDI.

Setiawan, Nisa Amalina; Hamid U, Farid. 2014. Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Jurnal Trikonomika Volume 13, No. 2, Desember 2014, Hal. 184–194.

Setiyadi, Yudi. 2019. Pengertian Desa Wisata Dan Konsep Pengembangannya. 2019, Oktober 21. Diakses melalui : https://ensiklo.com/2019/10/21/pengertian-desa-wisata/, 2 Februari 2021

Sistaningrum. 2002. Manajemen Promosi Pemasaran. Jakarta: Index.

Undang-Undang Republik Indonesia No.10. Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Diakses melalui : https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009, 3 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v8i1.10125

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License