Perancangan UI/UX Desain Aplikasi My TQC Rumah Tahfidz Qur’an PLTU Lontar

Astri Sulastri, Narti Narti

Sari


Rumah Tahfidz Qur'an PLTU Lontar belum memiliki sistem administrasi yang memadai. Saat ini, seluruh pelaporan dan pengarsipan data dilakukan secara manual, yang mencakup data absensi, hafalan Qur'an, data santri dan pengajar, laporan penerimaan santri baru, laporan bulanan, evaluasi hafalan, dan total data santri per periode. Peneliti merancang desain UI/UX aplikasi administrasi MY TQC. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan admin dalam menjalankan aktivitas proses administrasi dengan lebih efisien. Desain UI/UX dibuat menggunakan aplikasi Figma berdasarkan data dari wawancara dengan tenaga pengajar dan admin di Rumah Tahfidz Al Qur'an PLTU 3 Banten Lontar. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang desain antarmuka aplikasi MY TQC yang dapat mempermudah admin dalam mendata informasi dan laporan administrasi mengenai santri. Desain ini diharapkan dapat mendukung pengembangan aplikasi yang lebih efisien dan user-friendly. Penelitian menggunakan metode prototype, di mana desain awal dibuat sebelum pengembangan skala besar. Desain UI dan UX dibuat dalam bentuk wireframe dan dievaluasi menggunakan acceptability, grade scale, dan adjective rating. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata responden sebesar 84, dengan grade scale B, adjective rating "EXCELLENT", dan masuk dalam kategori "Acceptable".

 

The Qur'an Memorization House (Rumah Tahfidz) at PLTU Lontar does not have an adequate administrative system. Currently, all reporting and data archiving are done manually, including attendance data, Qur'an memorization, student and teacher data, new student admission reports, monthly reports, memorization evaluations, and total student data per period. The researcher designed the UI/UX for the administrative application MY TQC. This application is designed to facilitate the administration in conducting administrative processes more efficiently. The UI/UX design was created using the Figma application based on data from interviews with teachers and administrators at the Qur'an Memorization House PLTU 3 Banten Lontar. The objective of this research is to design the MY TQC application interface that can simplify the administration in recording information and administrative reports regarding the students. This design is expected to support the development of a more efficient and user-friendly application. The research employed the prototype method, where the initial design was created before large-scale development. The UI and UX designs were created in wireframe form and evaluated using acceptability, grade scale, and adjective rating. The evaluation results showed an average respondent score of 84, with a grade scale of B, an adjective rating of "EXCELLENT," and categorized as "Acceptable".


Teks Lengkap:

PDF 52-60

Referensi


Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan UI/UX Semarang Virtual Tourism. 4, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079

Kharis, K., Santosa, P. I., & Winarno, W. W. (2019). Evaluasi Usability Pada Sistem Informasi Pasar Kerja Menggunakan System Usablity Scale (SUS). Prosiding Sains Nasional Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.36499/PSNST.V1I1.2885

Luqmana, M. A. T., Putro, F. W., & Sholik, M. (2023). Design and Implementation Android Al-Quran Memorizing Application Tahfidz Rabbunalloh Boarding School Surabaya. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(2), 84–89. https://doi.org/10.47233/JTEKSIS.V5I2.777

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208–219.

Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3(1), 149–154.

Prasetyo, Z. A. P., Putra, O. V., & Harmini, T. (2023). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Situs Olah-Oleh TPS3R Kota Batu. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 7(2).

Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.30871/JAIC.V5I2.3293

Setiawan, D., Wicaksono, S. L., & Rafianto, N. (2020). Evaluasi Usability e-Learning Moodle dan Google Classroom menggunakan SUS Quisionnare. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.46510/JAMI.V1I1.13

Suhaili, M. (2022). Perancangan Tampilan UI/UX Pada Aplikasi Novel Komik (Nomik). JoMMiT: Jurnal Multi Media Dan IT, 6(1).

Susanti, E., Fatkhiyah, E., & Efendi, E. (2019). Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. Simposium Nasional Ke-18 RAPI 2019, 364–370.

Sutanto, R. P. (2022). Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 22(1), 41–51. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.41-51

Tazkiyah, S., & Arifin, A. (2022). Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(2), 72–78. https://doi.org/10.54914/JTT.V8I2.513




DOI: https://doi.org/10.31294/ijcit.v9i1.16794

##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

P-ISSN: 2527-449X E-ISSN: 2549-7421
Statistik Pengunjung Jurnal IJCIT
 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License