Kampanye Komunikasi Viral Bu Tejo Sebagai Endorser Brand Produk Kacang Garuda Koro PT Garudafood

Ita Suryani, Asriyani Sagiyanto

Abstract


Media sosial pada umumnya digunakan penguna internet (internet user) sebagai sarana menjalin komunikasi kepada pengguna lain dalam bentuk postingan atau konten – konten berbagi yang dibagikan oleh pemilik akun media sosial. Dalam perkembangannya media sosial bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, mulai menjalin pertemanan, kampanye program tertentu (pendidikan, sosial, agama, lingkungan, kesehatan, dan sebagainya), sampai promosi. Pemilihan media promosi dengan menggunakan endorser brand merupakan kriteria yang pas dengan karakteristik brand Kacang Garuda khususnya Kacang Garuda Koro. Brand Kacang Garuda Koro memanfaatkan viral Bu Tejo untuk kampanye komunikasi sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness dan brand engagement. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana PT Garudafood  dengan memanfaatkan viralnya Bu Tejo sebagai media kampanye komunikasi dalam mempromosikan dan mengiklankan suatu produk baru serta membangun keterikatan dengan para konsumennya.. Menggunakan metode penelitian studi kasus yaitu membutuhkan dari berbagai sumber data dan berbagai macam instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi brand awareness dan brand engagement yang dilakukan oleh Kacang Garuda menjadi bentuk komunikasi dan interaksi dua arah antara sebuah brand dengan konsumennya. Dengan terbangunnya brand awareness dan brand engagement, akan ada loyalitas yang tinggi pula dari pelanggan.


Keywords


Media Sosial, Promosi, Brand Awareness dan Brand Engagement

Full Text:

PDF

References


Durianto, Darmadi, dkk. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iswah, D. (2011). Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter. Jakarta: Mediakita.

Kaplan, Andreas M, Michael Haenlein. (2010). Users of the world, opportunities of Social Media. Bloomington: Bussines Horizons

Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi.

Jakarta: PT Grafindo Persada.

Nemos, Social. (2017). Digital In 2017. Hootsuite: Digital Overview

Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Riese, M., Pennisi, L., & Major, A., (2010). Using Social Media To Market Your Business. Nebraska Lincoln.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Andi

Puntoaji. D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Computindo

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif.

Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksar

Sejarah garuda food. (2020). Retrieved from https://garudafood.com/sejarah-garudafood

Wijayanto, D. (2010). Pegantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Wijayanto, Felix. (2012). Social Media: Definisi, Fungsi,Karakteristik.https://prezi.com/vddmcub-ss/social-media-definisi-fungsi-karakteristik/




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v11i2.8987

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License