Kampanye Komunikasi Viral Bu Tejo Sebagai Endorser Brand Produk Kacang Garuda Koro PT Garudafood
Abstract
Media sosial pada umumnya digunakan penguna internet (internet user) sebagai sarana menjalin komunikasi kepada pengguna lain dalam bentuk postingan atau konten – konten berbagi yang dibagikan oleh pemilik akun media sosial. Dalam perkembangannya media sosial bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, mulai menjalin pertemanan, kampanye program tertentu (pendidikan, sosial, agama, lingkungan, kesehatan, dan sebagainya), sampai promosi. Pemilihan media promosi dengan menggunakan endorser brand merupakan kriteria yang pas dengan karakteristik brand Kacang Garuda khususnya Kacang Garuda Koro. Brand Kacang Garuda Koro memanfaatkan viral Bu Tejo untuk kampanye komunikasi sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan brand awareness dan brand engagement. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana PT Garudafood dengan memanfaatkan viralnya Bu Tejo sebagai media kampanye komunikasi dalam mempromosikan dan mengiklankan suatu produk baru serta membangun keterikatan dengan para konsumennya.. Menggunakan metode penelitian studi kasus yaitu membutuhkan dari berbagai sumber data dan berbagai macam instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi brand awareness dan brand engagement yang dilakukan oleh Kacang Garuda menjadi bentuk komunikasi dan interaksi dua arah antara sebuah brand dengan konsumennya. Dengan terbangunnya brand awareness dan brand engagement, akan ada loyalitas yang tinggi pula dari pelanggan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Durianto, Darmadi, dkk. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Iswah, D. (2011). Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter. Jakarta: Mediakita.
Kaplan, Andreas M, Michael Haenlein. (2010). Users of the world, opportunities of Social Media. Bloomington: Bussines Horizons
Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi.
Jakarta: PT Grafindo Persada.
Nemos, Social. (2017). Digital In 2017. Hootsuite: Digital Overview
Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Riese, M., Pennisi, L., & Major, A., (2010). Using Social Media To Market Your Business. Nebraska Lincoln.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV. Andi
Puntoaji. D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Computindo
Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif.
Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksar
Sejarah garuda food. (2020). Retrieved from https://garudafood.com/sejarah-garudafood
Wijayanto, D. (2010). Pegantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Wijayanto, Felix. (2012). Social Media: Definisi, Fungsi,Karakteristik.https://prezi.com/vddmcub-ss/social-media-definisi-fungsi-karakteristik/
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v11i2.8987
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|