Pemanfaatan Teknologi Video Streaming di LPP TVRI Jawa Barat

Lia Kurniawati

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat dapat kita manfaatkan pada media elektronik audio visual yang dapat melibatkan dua indra sekaligus, yaitu indra pendengaran dan indra penglihatan gabungan dari media auditif dan visual. Maksud dan tujuan dari penelitian Pemanfaatan Teknologi video streaming di LPP TVRI Jawa Barat ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dunia penyiaran khususnya pada televisi di LPP TVRI Jawa Barat, dengan memanfaatkan jaringan internet. LPP TVRI adalah stasiun TV pertama yang memanfaatkan teknologi video streaming dan LPP TVRI Jawa Barat berada di dalamnya Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif melakukan eksplorasi sesuai dengan objek penelitian. Adapun teknik-teknik yang digunakan sebagai berikut : Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Berdasarkan hal-hal tersebut diatas dapat disimpulkan, Teknologi video streaming yang dimanfaatkan di LPP TVRI Jawa Barat, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan khalayak akan informasi dan hiburan. Khalayak berhak memilih program acara yang akan disaksikan sesuai dengan keinginan. Khalayak yang berada di luar rumah, seperti di kantor, café atau diluar wilayah Jawa Barat dapat dengan mudah dan praktis menyaksikan program acara LPP TVRI nasional atau LPP TVRI daerah di Indonesia melalui smartphone dan atau berbagai gadget menggunakan youtube atau aplikasi yang dapat didownload di playstore. Dengan adanya video streaming LPP TVRI Jawa Barat tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi, dapat bersaing dengan stasiun TV daerah maupun nasional,. Kelebihan Teknologi video streaming antara lain,  Jaringan memilih terpisah terutama dalam video streaming supaya tidak ada kendala jaringan,.  Program acara yang terlewat dapat disaksikan kembali dengan memilih catchup TV yang terdapat di aplikasi TVRI live streaming.Gratis dan mudah, serta dapat memilih program acara yang diinginkan. Adapun kekurangannya yaitu : Program acara live streaming LPP TVRI Jawa Barat dapat disaksikan mulai pukul 15.00 pada program acara kalawarta sampai pukul 21.00 pada program acara musik. Untuk di youtube saat memilih program acara LPP TVRI Jawa Barat yang muncul adalah program live TVRI Nasional, karena live streaming LPP TVRI Jawa Barat dimulai pukul 15.00., Judul program LPP TVRI Jawa Barat yang tersedia di youtube saat dipilih masih kosong, sehingga user harus mengetik program yang diinginkan di mesin pencari. Kendala yang di hadapi LPP TVRI Jawa Barat dalam video streaming adalah jaringan internet yang digunakan user.


Full Text:

PDF

References


Adila, A Aprizal, dkk. (2009). Video Streaming dengan Video LAN Project. Elektron, Vol. 1 No. 2, hal. 87-79.

Ardianto, Elvinaro, Lukita Komala dan Siti Karlinah. (2014). Komunikasi Massa. Bandung : Penerbit Simbiosa Rekatama Media.

Arkam, Arfiandy. (2012). Pembangunan Aplikasi Video Streaming berbasis Android di STV Bandung. Jurnal ilmiah komputer dan informatika. http://staf.unud.ac.id/linawati/wp-content/uploads/2011/07/proses-video-streaming-dengan-protocol-rtsp.pdf Diakses 3 September 2012.

Institut Teknologi Sepuluh November. (2007). Jaringan HSDPA. Naskah Publikasi. Teknologi Industri, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Surabaya.

Kurniawan. Eko. (2104). Analisis Kualitas Real Time Video Streaming terhadap Bandwitch Jaringan yang tersedia. Jurnal USU Vol. 9 No. 2 November 2014 https://jurnal.usu.ac.id/singuda_ensikom/article/download/7561/4019.Universitas Sumatera Utara. 2014.

Kurniawan, Wiharsono. (2007). Jaringan Komputer. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Safars. (2010). Komunikasi Data dengan TCP dan UDP. http://ft.uika-bogor.ac.id/safars/2010/12/komunikasi-data-tcp-udp/ Diakses 5 September 2012.

Saputra, Alief Chandra Agil. (2010). Cara Cepat Bikin Live TV di Blog dan Website. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Satwika, I Kadek Susila. (2011). Proses Video Streaming dengan Protokol Real Time Streaming Protocol. Teknik Elektro : Universitas Udayana.

Silalahi. FE. (2013). Studi Dan Analisis Video Streaming Via Wireless LAN. Jurnal for PCR, https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakt/article/view/320. Jurnal Aksara Komputer Terapan, Politeknik Caltex Riau.

Suhendra, Made. (2009). Analisa Perfomansi Live Streaming dengan menggunakan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah.

Wegito. (2007). Jaringan Komputer Teori dan Implementasi Berbasis Linux. Penerbit Gava Media : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4721


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License