Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh di Indonesia

Mareta Puri Rahastine

Abstract


Indonesia memiliki banyak tradisi yang membuatnya kaya. Salah satu tradisi yang menarik adalah tradisi minum teh. Tradisi ini ada sudah sejak lama dan tersebar di wilayah Indonesia, contohnya Jawa. Dengan semakin luasnya pemasaran, sekarang teh telah dikemas. Teh mempunyai dua jenis kemasan yaitu kemasan dengan daun teh kering dan kantung teh. Kedua kemasan tersebut memiliki elemen visual yang sama dan ada yang berbeda. Elemen visual tersebut membentuk suatu makna pada kemasan. Untuk mencari tahu makna tersebut, kedua jenis kemasan akan dianalisa dengan menggunakan teori semiotika milik C.S. Pierce yang terbagi menjadi ikon, indeks, dan simbol. Meskipun terlihat ada usaha-usaha untuk memodernkan elemen visual pada kemasan teh celup, tetapi unsur-unsur tradisional tetap tercantum. Seolah ingin mengomunikasikan bahwa teh sendiri sudah ada sejak dahulu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v9i1.3633

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License