FUNGSI MANAJEMEN SDM GUNA MENINGKATKAN KE EFEKTIFAN KINERJA SDM PADA BSI TV

Achmad Haikal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas fungsi sumber daya manusia serta memberikan rekomendasi atas temuan kelemahan pada BSI TV. Aktivitas sumber daya manusia yang diteliti meliputi: desain dan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, promosi jabatan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta pemutusan hubungan kerja.

Penulis menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, dokumentasi, observasi serta studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan analisis kualitatif dengan menilai efektivitas fungsi personalia berdasarkan perbandingkan antara kriteria, penyebab dan akibat.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui kelemahan yang menyebabakan belum tercapainya efektivitas fungsi SDM. Kelemahan tersebut diantaranya belum melakukan peramalan kebutuhan karyawan di masa yang akan datang, belum mengadakan promosi jabatan bagi karyawan tetap, belum menilai kinerja setiap karyawan, belum semua karyawan yang mendapatkan jamsostek, belum memiliki alat pencegahan dan penanggulangan bencana, dan belum menilai tingkat kepuasan karyawan. Berdasarkan temuan kelemahan, diberikan rekomendasi sebagai masukan bagi BSI TV untuk meningkatkan fungsi SDM diantaranya: 1) Melengkapi SOP sebagai pedoman kegiatan, 2) Melakukan peramalan terhadap kebutuhan karyawan, 3) Mengadakan studi banding, 4) Mengadakan promosi jabatan, 5) Melengkapi peralatan pencegahan dan penanganan bencana, 6) Mengadakan program penilaian kepuasan karyawan, 7) Melakukan pemisahan tugas terhadap karyawan yang rangkap jabatan, 8) Memberikan asuransi bagi karyawan kontrak, 9) Mengadakan perencanaan dan pengembangan karir bagi seluruh karyawan, 10) Membuat standar penilaian kinerja karyawan.

Kata Kunci: Audit Operasional, Aktivitas Fungsi SDM, Tingkat Efektivitas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v8i3.3144

ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License