AKTIVITAS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MEMPERTAHANKAN LOYALITAS CUSTOMER PADA PT. SUZUKI INDOMOBIL JAKARTA

Jaqualine Pramanta Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas Customer Relationship Management (CRM) dalam meningkatkan loyatitas pelanggan terhadap produk pada PT Suzuki Indomobil. Perusahaan berusaha memuaskan pelanggannya dengan menerapkan konsep pemasaran sebagai acuan bagi setiap aktivitas pemasarannya. CRM merupakan sebuah konsep bisnis yang berfokus kepada pelanggan, dimana pelanggan menjadi pusat dari segala aspek bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara terhadap manajemen yang terlibat dalam penerapan aktivitas CRM di perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Suzuki Indomobil Jakarta telah melakukan CRM dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil penjualan produk Suzuki yang meningkat sejak beberapa tahun terakhir.

 Kata Kunci:CRM, Loyalitas Pelanggan, Aspek Bisnis dalam Perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v8i3.3142

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License