Menyoal Kembali Keterlibatan Pengambilan Keputusan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja

Arvin Hardian

Abstract


Sasaran penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan Karyawan dalam pengambilan keputusan dengan kepuasan kerja karyawan, pengaruh langsung motivasi berprestasi dengan kepuasan kerja Karyawan dan pengaruh keterlibatan Karyawan dalam pengambilan keputusan dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja karyawan. Target penelitian (responden) dari peneltian ini adalah semua karyawan yang berstatus tetap, dengan jumlah 45 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis), data diolah dengan program SPSS versi 15.0.
Dari uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan analisis faktor menunjukkan, instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah valid dan reliabel. Hasil analisis regresi linear berganda dan analisi jalur menunjukkan keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Sinar Abara Internasional (SAI). Sedangkan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan berdasarkan analisis regresi linear berganda adalah variable keterlibatan dalam pengambilan keputusan.
Perlu dilakukan pengukuran data dengan menggunakan data kepuasan kerja yang objektif seperti data prestasi kerja karyawan PT. SAI untuk menguji konsistensi temuan penelitian ini, mengingat keterbatasan penelitian ini adalah instrument pengukuran, data yang menggunakan data persepsi yang bersifat subjektif sehingga data yang dikumpulkan cendrung menunjukkan persepsi positif, sebagai respon yang dipengaruhi oleh bias metode self report yang digunakan dalam pengukuran data.


Kata kunci :
Keterlibatan dalam pengambilan keputusan, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v8i3.3072

ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License