Peran Buzzer Politik Prabowo Dalam Pembentukan Opini Publik di Media Sosial

Diani Assadiyah, Tina Kartika, Abdul Firman Ashaf, Purwanto Putra, Nanang Trenggono

Abstract


Abstrak - Penelitian ini membahas peran strategis buzzer politik dalam membentuk opini publik melalui media sosial TikTok selama masa kampanye Pemilu 2024, dengan fokus pada pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis isi, penelitian ini mengeksplorasi strategi komunikasi yang digunakan buzzer, bentuk konten yang diproduksi, serta tanggapan audiens. Hasil menunjukkan bahwa buzzer mampu membentuk citra baru Prabowo yang lebih dekat dengan generasi muda, tercermin melalui narasi populer seperti “Prabowo Gemoy”. Strategi ini berdampak pada peningkatan elektabilitas, terutama di kalangan pemilih milenial. Namun, aktivitas buzzer juga berimplikasi negatif, seperti penyebaran informasi yang tidak akurat, kampanye negatif, dan polarisasi opini publik. Oleh karena itu, pentingnya penguatan literasi digital dan regulasi terhadap aktivitas buzzer menjadi salah satu rekomendasi utama penelitian ini. Temuan ini memperkaya kajian komunikasi politik digital dan memberikan wawasan untuk merumuskan strategi kampanye yang lebih etis dan bertanggung jawab di era media sosial.

Abstract - This study explores the strategic role of political buzzers in shaping public opinion through the social media platform TikTok during the 2024 Indonesian presidential election campaign, with a specific focus on the Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming Raka presidential-vice presidential ticket. Using a qualitative approach through case studies and content analysis, the research investigates the communication strategies employed by buzzers, the types of content disseminated, and audience responses. The findings reveal that buzzers successfully rebranded Prabowo's image to appear more relatable and appealing to younger voters, as reflected in the viral narrative of "Prabowo Gemoy." This communication strategy significantly contributed to increased electability among millennial voters. However, buzzer activity also raises concerns due to the spread of misinformation, negative campaigning, and the intensification of political polarization. Therefore, this study emphasizes the importance of strengthening digital literacy and regulating buzzer activity to uphold a healthy democratic process. The research contributes to the broader discourse on digital political communication and offers insights into developing more ethical and responsible campaign strategies in the social media era.


 

  

 


Keywords


Buzzer politik1; Tiktok2; Opini Publik3; Komunikasi digital4; Kampanye5;

Full Text:

PDF

References


Ariandi Putra. (2024) Peran Buzzer Politik dalam Dinamika Jelang Pemilu Tahun 2024, Jurnal Sosial dan

Budaya Syar-i 10(4) 1145.

DOI 10.15408/sjsbs.v10i4.34076

Azzahra Rahel Farhanah, Akhyar Anshori. (2024) Persepsi Mahasiswa FISIP ISI Terhadap Gaya Kampanye

Politik Prabowo-Gibran 2024, Jurnal KESKAP: Jurnal Kesejahteraan Sosial, Komunikasi dan

Administrasi Publik, 3(1) 71.

DOI PDF: https://doi.org/10.30596/keskap.v3i1.19142.g11136

Lailatul Fitria Nurul Jannah,(2023) Pengaruh Strategi Buzzer Dalam Amplifikasi Pesan Kepada Publik Pada

Lingkungan Demokrasi Politik, Jurnal Ilmu Politik 15(1) 60.

https://talenta.usu.ac.id/politeia

Hidayah Nurul Ulhaq, Agung Eko Budiwaspada, Alvanov Z. Mansoor. (2024) Agenda Setting Kampanye

Prabowo dalam Memperbaiki Citra Pada Pemilu Tahun 2024, Jurnal Desain Komunikasi Visual dan

Intermedia 06(02) 28.

DOI: https://doi.org/10.33479/cd.v6i02.1000

Jagad Aditya Dewantara, Syamsuri, Ayu Wandira, Afandi, Okti Hartati,

Nurul Cahya, Putri Sapitri, T Heru

Nurgiansah (2022) The Role of Buzzers in Social Media in Guiding Public Opinion Regarding Political

Choices, Journal Of Etika Demokrasi 7(3) 688.

Kadek Melda Luxiana. 20 Januari 2024. Survei LSI: Prabowo-Gibran 47% Amin 23,2% Ganjar-Mahfud 21,75%

diakses pada 11 Mei 2025, dari Survei LSI: Prabowo-Gibran 47%, AMIN 23,2%, Ganjar-Mahfud 21,75%.

KumparanNews. 20 November 2023. Penyebab Elektibilitas Prabowo-Gibran Naik di Tengah Isu Dinasti:

Gemoy-Jenaka, diakses pada 11 Mei 2025, dari Penyebab Elektabilitas Prabowo-Gibran Naik di Tengah Isu Dinasti: Gemoy-Jenaka | kumparan.com.

Mafulah Nita, Zulaikha, Nur’annafi Farni Syam Maella (2024), Buzzer Dan Elektibiltas Prabowo Gibran

Management Studies and Enterpreneurship Journal 5(2) 916.

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Maulana Harry Fajar, Hastuti (2022) Peran Buzzer Politik dalam Pembentukan Opini Publik Mendukung Anies

Baswedan di Media Sosial Twitter, Jurnal ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis 6(1) 119.

-Article Text-37898-1-10-20221117.pdf

Miqdad (2024) Literature Review: Buzzer Politik dan Pengembangan Opini di Media Sosial di Indonesia, Jurnal

Ilmu Pemerintahan 5(2) 691.

DOI: https://doi.org/10.52423/neores.v5i2.231

Mulyadi Febriansyah Imam. (2023) Strategi Personal Branding Prabowo Subianto Sebagai Capres

Melalui Media Sosial, Journal Of Global Humanistic Studies 1(1) 2-3.

Vol. 1 No. 2 (2023): Philosophiamundi October 2023

Rinaldi, Dalmenda, M Thaufan Arifuddin (2024) The Role Of Buzzers On Social Media In Shaping Issues During

The 2024 West Sumatra (West Sumatra) Regional Elections, Jurnal Ranah Komunikasi 8(2) 87-89.

https://doi.org/10.25077/rk.8.2.87-92.2024

Rahim Salsabila Nuur,Heldiani Nur Shabrina, Rey Salsabila, Syarif Hanum, Nabila Ar-Rafa Zemlya, Abdul

Rahmana. (2024) The Role Of Buzzer On Social Media In Shaping Public Policy Opinion During The 2024

Jurnal PubBis 8(2), 149-151.

DOI 10.35722/jurnalpubbis.v8i2.1051

Sellita. (2019) Media Sosial dan Pemilu: Studi Kasus Pemilihan Presiden Indonesia Social Networks

an elections: Evidence From The Indonesian Presidental Eelctions, Jurnal Lemhannas RI 10(3) 15.

-Article Text-585-3-10-20230912.pdf

Wulandari Charisma Dina, Munadhil Abdul Muqsith, Fitria Ayuningtyas (2023), Fenomena Buzzer di Media

Sosial Jelang Pemilu 2024 Dalam Perspektif Komunikasi Politik,

Jurnal Ilmu Komunikasi 11(01) 143.

https://www.researchgate.net/publication/371684161




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v16i1.26012

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License