Fenomenologi Aplikasi Bumble Sebagai Media Mencari Teman Online
Abstract
Di era digital ini, teknologi menjadi salah satu faktor utama yang mendukung aktivitas dalam kehidupan sosial. Dengan meningkatkan cara berkomunikasi melalui teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, berbagai media baru telah muncul untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Bumble adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan teman baru mengenai keluh kesah hidup mereka dan mendapatkan solusi dalam waktu singkat. Aplikasi ini diklaim memberikan solusi bagi generasi muda dalam memenuhi kebutuhan interaksi sosial melalui media sosial. Bumble memiliki fitur pencarian otomatis yang akan menghubungkan pengguna dengan orang lain secara otomatis jika mereka menggunakan fitur tertentu secara bersamaan. Masuk ke dalam aplikasi ini sangat mudah, cukup dengan menggunakan akun Google atau nomor telepon. Dengan hadirnya aplikasi Bumble, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan teman baru sangat singkat, hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik pengguna bisa mendapatkan teman baru. Hal ini menarik peneliti untuk memahami bagaimana cara mencari teman curhat secara online. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Dengan teori ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa aplikasi tersebut digunakan untuk berbagi keluh kesah kehidupan dengan cara curhat. Metode yang digunakan adalah fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi beberapa partisipan, wawancara mendalam, dan studi pustaka untuk memahami fenomena esensial dari pengalaman hidup partisipan.
Full Text:
PDFReferences
Dataindonesia.id. (2023). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. In 3 February.
Endraswara, S. (2021). Metodologi Penelitian Fenomenologi Sastra. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(2).
Fadilla, S., Setiaman, A., & Karimah, K. El. (2023). Keterbukaan diri pengguna aplikasi kencan online Bumble dalam Mencari Pasangan. Comdent: Communication Student Journal, 1(1). https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45735
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hartani, H. S., Malik, A., & Putri, L. D. (2023). Konstruksi Makna Kencan bagi Perempuan Pengguna Situs Pencarian Jodoh Bumble di Kota Cilegon. Jurnal Pewarta Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.25008/jpi.v5i1.129
Hasna, A. H., & Utami, L. S. S. (2023). Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Pengguna Dating Apps. Koneksi, 7(2). https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21351
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Kasiwalli, Y. L. J., Darmawan, A., & Ekoputro, W. (2023). Keterbukaan Diri Pengguna Situs Pencarian Jodoh (Studi Etnografi Virtual Pada Aplikasi Kencan Bumble). Sintesa, 2(1).
Maryama, A., Hafiar, H., & Komariah, K. (2012). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Corporate Communication PT. XL AXIALTA, Tbk. Central Region Bandung Aina. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1).
Mulyana. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Baru,. In Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Baru,.
Pratiwi, A. P., Nurlaili, & Syarifin, A. (2020). Interaksi Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2).
Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran, 4(1).
Ruliana, P., & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi. Salemba Humanika.
Rusma A Hadi, A. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi dan Biografi. CV. Pena Persada.
Zanki, H. A. (2020). TEORI PSIKOLOGI DAN SOSIAL PENDIDIKAN (TEORI INTERAKSI SIMBOLIK). Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.82
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i1.22915
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|