Praktik Komodifikasi, Spasialiasi dan Strukturasi Perusahaan Media Grup Emtek

Putri Widya Sari

Abstract


Grup Emtek melakukan investasi ke perusahaan digital media milik Raffi Ahmad yaitu RANS Entertainment merupakan suatu bentuk spasialisasi yang dilakukan perusahaan media berdasarkan pada kajian ekonomi politik Vincent Mosco. Kajian ekonomi politik pada organisasi media melihat bagaimana praktik produksi, distribusi dan konsumsi yang berhubungan didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas praktik-praktik komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi pada Grup Emtek sebagai salah satu perusahaan konglomerasi media di Indonesia dengan kepemilikan penyiaran saluran televisi yang semula hanya SCTV lalu bertambah menjadi Indosiar dan Moji serta perluasan pada bidang media dan digital lainnya. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan data sekunder berupa data dari buku, literatur, undang-undang, makalah, artikel, bahan-bahan di Internet atau data terpublikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Grup Emtek melakukan praktik-praktik komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi sebagai perusahaan media komersial yang bertujuan untuk keuntungan. Kebaruan dalam penelitian ini ialah melihat praktik ekonomi politik media Grup Emtek yaitu komodifikasi konten, komodifikasi pekerja, komodifikasi audiens, spasialisasi dan strukturasi.

Keywords


Commodification, Spatialization, Structuration, Economy Political Media, Emtek Group

Full Text:

PDF

References


Alfani, H. (2014). Perspektif Kritis Ekonomi Politik Media Konglomerasi, Regulasi Dan Ideologi. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). http://dx.doi.org/10.36080/avg.v2i2.34

Alyatalatthaf, M. (2018). Spasialisasi dan Praktik Monopoli Emtek Group. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 903-916.

Armando, Ade. (2011). Televisi Jakarta Diatas Indonesia, Yogyakarta:Bentang

Armando, Ade. (2006). Privatisasi Pertelevisian Indonesia: Antara Dinamika Internal dan Perkembangan Global. Univeristas Indonesia, Jakarta.

Downing, John D.H., McQuail, Denis., Schlesinger, Philip., Wartella, Ellen. (2004). The SAGE Handbook of Media Studies. Sage Publications, Inc., California.

emtek.co.id

Heryanto, GG. (2017). Ekonomi Politik Media Penyiaran: Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 85-98. https://doi.org/10.15575/cjik.v1i1.1212

Indraini, A. (2021). Resmi! Grup Emtek Investasi di RANS Entertainment Milik Raffi Ahmad. Retrieved from https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-5788036/resmi-grup-emtek-investasi-di-rans-entertainment-milik-raffi-ahmad.

Lavinda. (2021). RANS Milik Raffi Ahmad Raih Tambahan Modal Rp 248 M dari Grup Emtek. Retrieved from https://katadata.co.id/lavinda/finansial/618e1bcfab1b7/rans-milik-raffi-ahmad-raih-tambahan-modal-rp-248-m-dari-grup-emtek.

Lim, M. (2012). Media concentration in Indonesia. Research Report, Tempe AZ: Perticipatory Media Lab Arizona State University.

Littlejohn, S., Foss, K. (2008). Theories of Human Communication Ninth Edition. Boston: Wadsworth.

Masduki. (2020). Lembaga Penyiaran Pasca UU Cipta Kerja — Communication on Media. Retrieved from https://communication.uii.ac.id/lembaga-penyiaran-pasca-uu-cipta-kerja-communication-on-media

McQuail, D. (1987). Mass Communication Theory: an Introduction, Beverly Hills, California: Sage Publication

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. SAGE Publications Inc., California.

Neuman, W. Lawrence. (2000). Social Research Methods, Qualitative and Quantitative Approaches, 4th Edition, USA: Allyn and Bacon

Nurhaqiqi, H., Mustikasari, R., & Winarti, O. (2021). Kuasa Televisi dalam Sinetron: Tren Impor Tayangan Sinetron pada Televisi Swasta. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 4(1), 1-14. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/jkom.v4i1.121

Nursatyo. (2016). Dinamika Interaksi Agen Dan Struktur Dalam Mencegah Konsentrasi Kepemilikan Media Televisi. Komuniti, VIII (1), 64-80.

Sanjaya, M. (2020). Praktik Ekonomi Politik Media Pada Tayangan Liga Inggris di TVRI. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 4(1). https://doi.org/10.24853/pk.4.1.30-39

Subandi, ZE., Sadono, TP. (2018). Komodifikasi, Spasialisasi, Dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development. http://dx.doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1297

Wenerda, I. (2015). Ekonomi Politik Vincent Moscow oleh Media Online Entertainment kapanlagi.com™. Channel: Jurnal Komunikasi, 3(1). http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i1.2417




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14556


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License