Faktor Penghambat dan Pendukung Komunikasi antara Guru dan Siswa Tuna Rungu di SLBN Kota Sungai Penuh
Abstract
Komunikasi merupakan sebuah kebutuhan. Semua orang ingin komunikasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan tidak terhambat. Namun, hambatan komunikasi selalu ada. Termasuk proses komunikasi yang dilakukan oleh siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan ingin melihat apa saja faktor penghambat dan pendukung komunikasi antara guru dan siswa tuna rungu di SLBN Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan faktor penghambat yang ditemukan adalah hamabat fisik dan hambatan sematik. Sedangkan faktor pendukung adalah kejelasan, ketepatan, konteks dan budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyandi, R., & Rahman, F. (2020). Difabel dalam Kitab Tafsir Indonesia Kontemporer. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 80–88. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/syams/article/view/2503/1413
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432
Allo, E. A. T. (2022). PENYANDANG DISABILITAS DI INDONESIA. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(3), 807–812. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.807-812
Bachri, B. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif, 10(1), 46–62. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/download/1163/932
Hendrayani, Y., Sari, S. N. E., & Priliantini, A. (2019). Pola Komunikasi Guru kepada Siswa Penyandang Disabilitas. Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 181–194. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i2.622
Kemendikbud. (2022). Profil SLBN Kota Sungai Penuh. Kemendikbud. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/7733FD61DB883B52BDE5
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Siswa penyandang disabilitas berdasarkan provinsi. Lokadata.Beritagar.Id. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/siswa-penyandang-disabilitas-berdasarkan-provinsi-1520847488
Khikmawati, D. K., Astuti, T. I., & Novitasari, A. (2020). PENERAPAN E-LEARNING PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 29–43. https://doi.org/10.15408/dialektika.v7i1.13584
Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 3(2), 139–162. https://doi.org/10.14421/ijds.030201
Maftuhin, A. (2018). HAMBATAN INKLUSI MAHASISWA DIFABEL DALAM KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 331. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2735
Nida, F. L. K. (2015). KOMUNIKASI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v1i2.431
Pusat data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2019). Situasi Disabilitas (dalam majalah InfoDATIN). Kementerian Kesehatan RI.
Rahma, S. (2021). Hambatan-Hambatan Komunikasi. Al-Manaj : Jurnal Program Studi Manajemen Dakwah, 1(1), 56–62. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/almanaj/article/view/442/351
Rahmah, F. N. (2018). PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA. QUALITY, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Rosaliza, M. (2015). WAWANCARA, SEBUAH INTERAKSI KOMUNIKASI DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/jib.v11i2.1099
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26. PT Alfabet.
Wijayaptri, N. W. P. (2015). Hambatan Komunikasi pada Penyandang Autisme Remaja: Sebuah Studi Kasus. INKLUSI, 2(1), 41. https://doi.org/10.14421/ijds.020103
Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 121–131. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2661
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14505
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|