Hubungan Demensia dan Kualitas Hidup Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Guntur

Nina Sumarni, Udin Rosidin, Umar Sumarna

Sari


Di perkirakan pada tahun 2030 jumlah orang lanjut usia di seluruh dunia meningkat menjadi 56 persen, dari 901 juta  Peningkatan jumlah lansia ini  berdampak pada permasalahan yang muncul akibat proses penuaan. Masalah–masalah yang muncul pada lansia  adalah kemunduran fungsi kognitif/demensia dan  kualitas hidup. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan demensia dengan kualitas hidup pada lansia di Kelurahan Kota Wetan Wilayah Binaan Puskesmas Guntur  Kabupaten Garut. Jenis penelitian ini adalah deskritif korelatif dengan rancangan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini lansia yang mengalami demensia  yang datang ke Posbindu yang ada di Kota Wetan Wilayah binaan Puskesmas  sebanyak 74 lansia. Sampel adalah total sampling  sebanyak 74  responden. Hasil analisis korelasi atau hubungan antara  kualitas hidup dengan demensia pada lansia yang berada di Kelurahan Kota Wetan Kabupaten Garut di dapatkan nilai sig= 0,030(a ≤ 0,05) artinya H0 ditolak dan menerima  H1  yaitu ada hubungan  antara demensia dengan kualitas hidup pada lansia yang ada di kelurahan Kota Wetan Wilayah binaan Puskesmas Guntur.


Kata Kunci


Demensia, Kualitas Hidup, Lansia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, E.T., & Mc Farlane, J. M. (2011). Community as Partner: Theory and Practice in Nursing.

Azizah,L. M. (2012). Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.Badan Pusat Statistik.

Aini, D. N. (2016). The Correlation BetweenCognitive Function with the Quality of Life in the Elderly in Barusari Village South Semarang District. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Bastaman. (2007). Logoterapi : Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup Dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bandiyah, S. 2009. Lanjut Usia dan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta : Nuha Medika

Dwi Rosita, M., Widodo, A., & Purwanti, O. S. (2012). Hubungan Antara Fungsi Kognitif Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Lansia Di Kelurahan Mandan Wilayah Kerja Puskesmas Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dwi Nur Aini , Widya Puspitasari (2016) hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup pada lansia di kelurahan barusari kecamatan semarang selatan P- ISSN: 2086- 3071, E-ISSN: 2443-0900 Versi online: Volume 7, Nomor 1, Januari 2016 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/keperawatan/issue/view

Esther Rita Haris, Ricci Steven, Yvonne Suzy Handajani .(2014) kualitas hidup pada lansia dengan gangguan kognitif dan mental di kelurahan kalianyar, jakarta barat Damianus Journal of Medicine; Vol.13 No.2: hlm. 117-127.

Markam,S., Mayza, A.,Pujiastuti.,Erdat, M.,Suwardhana,& Solichien.(2006) Latihan vitalitas otak. Jakarta:Grasindo.

Nugroho, H.W. (2012). Keperawatan Gerontik & Grriatrik Edisi 3. Jakarta : EGC

Nugroho, W. (2008). Keperawatan Gerontik, Edisi 3, EGC, Jakarta

Notosoedirdjo, M. & Latipun. (2011). Kesehatan Mental. Malang : UMM Press.

Posyandu Lansia Wilayah Puskesmas Nogosari (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pandean, G. V., & Surachmanto, E. E. (2016). Hubungan hipertensi dengan fungsi kognitif di Poliklinik

Potter dan Perry, (2005). Fundamental Keperawatan, Edisi 2, ECG, Jakarta.

Qotifah, I., & Maliya, A. 2017). Hubungan Antara Fungsi Kognitif Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Di SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. e-CliniC, 4(1).

Suardana, I. W., Saraswati, N. L. G. I., & Fitriani, R. (2014). Status Kognitif Dan Kualitas Hidup Lansia.

WHO, 2004, WHOQOL, Measuring Quality of Life, Programme on Mental Health, Division on Mental Health and Prevention of Substance Abuse, WHO, Geneva

Wreksoatmodjo, B. R. (2014). Pengaruh Social Engagement terhadap Fungsi Kognitif Lanjut Usia di Jakarta. Hasil Penelitian.

WHO. (2016). Dementia. https://www.who.int/mediacentr e/factssheet/fs362/en/




DOI: https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.5449

##submission.license.cc.by4.footer##

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.