Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Seksual Remaja Akademi Keperawatan

Linda Amalia

Sari


Kondisi remaja yang tidak stabil yang mudah dipengaruhi dan perkembangan teknologi informasi dan pengetahuan yang pesat membawa dampak timbulnya permasalahan remaja yang semakin meningkat. UNICEF menyatakan terjadi trend yang menghawatirkan karena terjadi peningkatan jumlah kematian remaja akibat HIV/AIDS karena perilaku seksual pra nikah yang dilakukan remaja diseluruh dunia. Menurut WHO perilaku seksual pra nikah yang dilakukan remaja dapat  dicegah dengan dilakukannya pengawasan dari orang tua yang intensif. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif komparatif yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistic serta didukung dengan pengumpulan data melalui metode angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat korelasi antara pola asuh otoriter, demokrasi dan memanjakan (permisif) dengan perilaku seksual remaja mahasiswa AKPER Pemkab Cianjur dengan nilai p < 0,05, sedangkan untuk pola asuh mengabaikan diperoleh hasil p value > 0,05 yang berarti tidak ada hubungan. Untuk korelasi karaktristik remaja dengan perilaku seksual remaja hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan dengan nilai p value > 0,05.


Kata Kunci


Pola asuh orang tua, perilaku seksual, remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiawati, I.(2014), Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMAN 26 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu.

Arif, M.I.S (2017). Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Kenakalan Remaja. E-Journal UNESA, 2(1),1-15.

Bobak, L.J. (2005) Buku Ajar Keperawatan Maternitas Edisi 4. Alih Bahasa; Maria A Wijayarini. Editor; Renata Komalasari-Ed 4- Jakarta:EGC.

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). (2011) Kajian Profil Penduduk Remaja 10-24 tahun. http://bkkbn.go.id

……(2010). Survei Kesehatan Reproduksi Remaja. http://bkkbn. go.id.

Bay,F. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Danniati, R.I.N. (2009). Problema Kenakalan Anak Anak atau Remaja, (Bandung: Rosda Karya).

Devi, G.R & Ayu, S.M (2010). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Paparan Media Massa dengan Perilaku Seksual. Jurnal Penelitian Andalas. No 20/September/ Tahun XII/2010/p.1-4.

Angelina,D.Y & Matulessy,A. (2011. Pola Asuh Otoriter, Kontrol Diri. Jurnal Keperawatan. 2(2), 173-182.

Sarwono (2010) Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Santrock. J.W. (2007). Remaja, Eleventh Edition. Alih Bahasa; Benedictine Widya Sinta. Editor: Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga

Wulandari, I (2010). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Sikap terhadap Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Volume XIV Nomor 10 tahun 2010. Universitas Merdeka Malang. ISSN 1410-5326, h.320.




DOI: https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.5082

##submission.license.cc.by4.footer##

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.