Pengetahuan Ibu Berhubungan dengan Kepatuhan Pemberian Imunisasi Campak

Ebrina Yosianty, Irma Darmawati

Sari


Upaya kesehatan untuk menurunkan angka kematian anak adalah pemberian imunisasi pada bayi. Pemahaman dan kepatuhan ibu dalam program imunisasi campak pada anak tidak akan menjadi halangan yang besar jika pengetahuan orangtua yang memadai tentang hal itu diberikan. Cakupan imunisasi yang tinggi dan merata disemua desa atau kelurahan dapat dinilai dari capaian Universal Child Imunnization (UCI) desa dimana 80% balita yang ada disuatu desa telah mendapatkan imunisasi dasar, sedangkan di wilayah sekeloa pencapaian UCI secara kumulatif absolut mencapai 61.92%. Hasil ini menunjukan pencapaian UCI diwilayah sekeloa masih rendah. Peneliti melakukan penelitian dengan membagikan kuesioner untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan dalam membawa anaknya di imunisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian cross sectional yang menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling pada populasi seluruh ibu yang mempunyai balita 1 sampai 5 tahun sebanyak 44 responden. Uji statistik menggunakan chi square dengan tingkat kemaknaan 95% α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dan kepatuhan didapatkan nilai p-value = 0,001 dengan kesimpulan adanya hubungan pengetahuan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi campak. Dianjurkan kepada ibu agar dapat mengikuti program imunisasi guna mencapai kesehatan yang optimal bagi anak. Peneliti juga menyarankan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan penyuluhan dan melakukan konseling pada responden untuk yang memiliki masalah dalam membawa anak mereka untuk diimunisasi ke pelayanan kesehatan.


Kata Kunci


Imunisasi, Kepatuhan, Pengetahuan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawati, i. (2017). Integration coordinated school health model (csh) and family centered nursing (fcn) to reduce and prevent childhood obesity (vol. 2).

Health, m. O. (2013). Riset kesehatan dasar (riskesdas) 2013. Jakarta: badan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Hidayat, a. A. (2008). Pengantar ilmu kesehatan anak untuk pendidikan kebidanan. Jakarta: salemba medika, 483.

Indonesia, m. K. R. (2013). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 42 tahun 2013 tentang penyelenggaraan imunisasi.

Lin, y. C., wu, j. C., chiou, s. T., & chiang, t. L. (2015). Healthy living practices in families and child health in taiwan. Int j public health, 60(6), 691-698. Doi: 10.1007/s00038-015-0701-z

Momomuat, s., ismanto, a. Y., & kundre, r. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang pentingnya imunisasi campak dengan kepatuhan melaksanakan imunisasi di puskesmas kawangkoan. Jurnal keperawatan, 2(2).

Notoatmodjo, s. (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan: jakarta: rineka cipta.

Nurani, v. A. (2016). Faktor–faktor yang berhubungan dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi di desa truko kecamatan kangkung kabupaten kendal tahun.

Organization, w. H. (2012). Third meeting of the south-east asia regional imunization technical advisory group (sear itag): who regional office for south-east asia.

Pastor-satorras, r., & vespignani, a. (2002). Immunization of complex networks. Physical review e, 65(3), 036104.

Ranuh, i. G. (2011). Pedoman imunisasi di indonesia: satgas imunisasi, ikatan dokter anak indonesia.

Rollins, n., little, k., mzolo, s., horwood, c., & newell, m.-l. (2007). Surveillance of mother-to-child transmission prevention programmes at immunization clinics: the case for universal screening. Aids, 21(10), 1341-1347.

Warrohmah, berliana, s. M., nursalam, n., efendi, f., haryanto, j., has, e. M. M., . . . Wahyuni, s. D. (2018). Analysis of the survival of children under five in indonesia and associated factors. Paper presented at the iop conference series: earth and environmental science.

Yuniar, d., & darmawati, i. (2017). Dukungan keluarga berhubungan dengan kecerdasan emosional remaja. Jurnal keperawatan komprehensif, 3(1), 9-17.




DOI: https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.4740

##submission.license.cc.by4.footer##

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.