Hubungan Kompetensi, Motivasi Dan Beban Kerja Perawat Pelaksana Dalam Penerapan Asuhan Keperawatan Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum Tabanan

IGAA Sherlyna Prihandhani, Ni Komang Matalia Gandari

Sari


Kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap BRSU Tabanan dapat dilihat dari mutu asuhan keperawatan yang diberikan. Kinerja tenaga perawat dipengaruhi oleh karakteristik perawat, kompetensi, motivasi dan beban kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi, motivasi dan beban kerja perawat pelaksana dengan kinerja perawat di ruang rawat inap BRSU Tabanan. Penelitian menggunakan rancangan cross sectional. Sampel berjumlah 140 perawat pelaksana di ruang rawat inap yang diambil dengan menggunakan teknik total  sampling.  Data  dikumpulkan  dengan  kuesioner  dan  lembar  observasi,  lalu dianalisis bivariat dengan uji chi-square dan multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna antara kompetensi, beban kerja dengan kinerja perawat, dengan nilai p untuk masing- masing variabel yaitu aspek kompetensi (p < 0,001), aspek beban kerja (p <0,001). Sedangkan motivasi tidak ada hubungan bermakna dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap (p = 0,936). Kinerja perawat sangat berhubungan dengan kompetensi dan beban kerja perawat pelaksana, sehingga aspek-aspek yang dapat meningkatkan kompetensi dan dan juga mengelola beban kerja untuk meningkatkan kinerja perawat pelaksana.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiana, 2010. “Kompetensi UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya” (Tesis). Unair. Surabaya.

Darma. S, 2012. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) Dengan Kinerja Perawat Dalam Penerapan MPKP Di RSJ Propinsi Bali. STIKES Bina Husada Bali” (Skripsi). Denpasar.

Depkes. RI, 2004. Rancangan pedoman pengembangan sistem jenjang karir profesional perawat. Jakarta : Direktorat Keperawatan dan keteknisian Medik Dirjen Yan Med Depkes RI.

Hasanbasri. 2007. Asuhan Keperawatan Bermutu di Rumah Sakit, Pusat Data dan Informasi PERSI.

Ilyas Y. 2002. Perencanaan SDM Rumah Sakit: Teori, Metode dan Formula. (cetakan pertama). Depok: Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Indonesia, Jakarta.

Jimat. 2013. “Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Bangli” (Tesis). Denpasar. Universitas Mahasaraswati.

Keliat, A. 2009. Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa. Jakarta : EGC

Kurniadi A. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya. Teori, Konsep danAplikasi. Jakarta. Badan Penerbit FKUI.

Mangkunegara. 2007. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. PT. Refikaditama, Bandung.

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Edisi Revisi. Rineka Cipta: Jakarta.

Nurnaningsih. 2012. “Hubungan Beban Kerja Perawat Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar” (Tesis). Makasar.

Siwantara. 2009. “Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja serta Iklim Organisasi Terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Dosen Politeksik Negeri Bali” (Tesis). Denpasar.

Wahyuni, S. 2007. “Analisis Kompetensi Kepala Ruang Dalam Pelaksanaan Standar Manajemen Pelayanan Keperawatan Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perawat Dalam Mengimplementasikan Model Praktik Keperawatan Profesional Di Instalasi Rawat Inap BRSUD Banjarnegara” (Tesis).

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31311/jk.v7i1.4468

##submission.license.cc.by4.footer##

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.