Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS Di Kabupaten Bandung

Widarma Gde Hendra I, Sri Hayati, Maidartati Maidartati

Sari


ABSTRAK

Pendidikan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemeliharaan dan penigkatan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi  pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan remaja (15-19 tahun) tentang HIV/AIDS di SMA PGRI 51 Rancaekek Bandung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan one group pre and post test design dengan analisis regresi sederhana. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.Populasi adalah siswa dan siswi SMA PGRI 51 Rancaekek Bandung dengan jumlah sampel 39 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakanproportionate stratified random sampling.Pengolahan data univaria tmenggunakan persentase dan bivariate menggunakan Paired-Samples t test. Hasil Penelitian pengetahuan responden sebelum diberikan perlakuan menunjukan hampir setengah responden (48,7%) termasuk katagori pengetahuan  kurang, hampir setengahnya lagi (41%) termasuk katagori  pengetahuan cukup dan  sebagian kecil (10,3%) termasuk katagori pengetahuan baik tentang HIV/AIDS. Pengetahuan setelah diberikan perlakuan didapatkan hasil  hampir semua (95%) responden termasuk katagori berpengetahuan baik, sebagian kecil (5%) termasuk katagori pengetahuan cukup dan tidak seorangpun dari responden yang termasuk katagori pengetahuan kurang. Untuk pencegahan HIV/AIDS dilingkungan sekolah perlu diadakanya penyuluhan kesehatan setiap 3 bulan sekali untuk meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dibidang kesehatan oleh institusi yang terkait seperti Dinas kesehatan dan puskesmas.

 Kata Kunci: pengetahuan,pendidikan kesehatan,HIV/AIDS pada remaja.

 ABSTRACT

Health education aims to increase public knowledge about maintaining and improving the health. The purpose of this study was to identify the effect of health education on the knowledge of adolescents (15-19 years) on HIV / AIDS in SMA PGRI 51 Rancaekek Bandung. This study used  experimentalone group pre and post test design with a simple regression analysis. The research instrument used questionnaire. The sample is male and female students of SMA PGRI 51 Rancaekek Bandung with a sample of 39 people. Sample selection technique using proportionate stratified random sampling. Data processing using univariate and bivariate percentage using Paired-Samples t test. Research respondents' knowledge before given the treatment showed almost half of respondents (48.7%) with less knowledge, almost half (41%) with insufficient knowledge and a fraction (10.3%) with good knowledge about HIV / AIDS, Knowledge after given the treatment almost all (95%) of respondents have good knowledge, a small fraction (5%) have sufficient knowledge. For the prevention of HIV / AIDS in the school environment needs to be in treatment health counseling every tree months to increase the knowledge of students, especially in the field of health by the relevant institutions such as the Department of health and health centers.

 Keywords: knowledge, health education, HIV/AIDS in adolescents.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina W, Indriyati & Bintoro W.(2013).Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS pada siswa kelasXI di SMUN 1 TERAS

Abdeyaz.(2011). Promosi kesehatan teori dan aplikasi 2013. Jakarta:Rineka cipta

Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu pendekatan praktis. Jakarta:Rineka Cipta

Dinkes Kota Bandung .(2015).Epidemiologi HIV/AIDS kota bandung 2015.

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Hurlock. (1991). Psikologi remaja. Cetakan kesembilan ,Jakarta : PT Bumi Aksara

Kemenkes RI (2012). Perkembangan HIV-AIDS di Indonesia Triwulan III Tahun 2012.

Kemenkes RI, (2014). Pusat data dan informasi kementrian kesehatan, Situasi dan analisis HIV/AIDS.

Irianto,K. (2014). Epidemologi penyakit menular dan tidak menular panduan klinis. Cetakan pertama, Bandung :Alfabeta

Monks, et.al (1989). Promosi kesehatan .revisi 2010.

Milton, (1999) Metode Penelitian Kesehatan 2012 . edisi revisi. Jakarta : RINEKA CIPTA .

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono.(2015). Metode penelitian kombinasi. Cetakan ke-7. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31311/.v5i1.1795



Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.