Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cicadas 2 Kota Bandung

Pauzan Pauzan, Hudzaifah Al Fatih

Sari


ABSTRAK

Cuci tangan merupakan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit yang menjadi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Kebiasaan cuci tangan penting untuk diajarkan sejak dini karena anak-anak merupakan calon-calon agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku cuci tangan adalah pengetahuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan dengan perilaku cuci tangan pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional dan telah dilakukan pada tanggal 3 Mei 2016 sampai 28 Mei 2016 di SDN Cicadas 2 Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 sebanyak 78 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, data dideskripsikan menggunakan persentase dan analisis korelasi menggunakan Pearson’s Correlation. Hasil penelitian menunjukkan 41% siswa memiliki pengetahuan baik, 21.8% siswa memiliki pengetahuan cukup dan 37.2 % siswa memiliki pengetahuan kurang. Sementara itu, 61.5% siswa memiliki perilaku cuci tangan baik dan 38.5% siswa memiliki perilaku cuci tangan kurang baik. Hasil uji statistik dengan analisis Pearson’s Correlation menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku cuci tangan. Untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku cuci tangan yang baik, sekolah perlu untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang cuci tangan secara kontinyu.

Kata kunci: Pengetahuan, perilaku, cuci tangan.

 ABSTRACT

Handwashing is an act of disease control and prevention which become a Clean And Healthy Lifestyle Program at school. Handwashing is important to be taught from an early age because children are change agent candidates for their surrounding. One of the factors that influence handwashing behavior is knowledge. Therefore, this study aimed to identify the relationship between knowledge with handwashing behavior in elementary school students. This research was a quantitative research with cross sectional design and conducted on May 3rd until May 28th 2016 at SDN Cicadas 2 Cibeunying District, Bandung City. The sample in this study were 4th and 5th grade students, with 78 respondents taken by total sampling. Data were collected using questionnaires and interviews. To answer the research questions, the data described using percentages and correlation analysis using Pearson's Correlation. Results showed 41% of students had good knowledge, 21.8% of students had sufficient knowledge and 37.2% of students had poor knowledge. Meanwhile, 61.5% of students had good handwashing behavior and 38.5% of students had poor handwashing behavior. Finally, a significant relationship was found between knowledge and handwashing behavior. To improve a good knowledge and handwashing behavior, schools need to provide health education on hand washing continuously.

Keywords: knowledge, behavior, hand washing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisa, D. N. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Sekolah di SD 2 Jambidan Banguntapan Bantul (Doctoral dissertation, STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta).

Depkes RI. (2011). Lima Langkah Tuntaskan Diare. https://id.scribd.com/doc/165305661/Buku-Saku-Lima-Langkah-Tuntaskan-Diare-Depkes-Ri-2011.

Dinkes Kota Bandung. (2011). Profil Kesehatan Kota Bandung. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KAB_KOTA_2011/P.Bandung_Kotabandung_11.pdf

Dinkes Jabar. (2012). Profil Kesehatan Jawa Barat. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2012/12_Profil_Kes.Prov.JawaBarat_2012.pdf

Fewtrell, L., Kaufmann, R. B., Kay, D., Enanoria, W., Haller, L., & Colford, J. M. (2005). Water, sanitation, and hygiene interventions to reduce diarrhoea in less developed countries: a systematic review and meta-analysis. The Lancet infectious diseases, 5(1), 42-52.

Global Hand Washing Day (GHWD2), 2008. Planners Guide. Clean Hands Save Lives. Report, 15thOctober. Retrieved from: http://www.globalhandwashingday.org/PlannersGuide_Global_Handwashing_Day.pdf

Kemenkes RI. (2011). Situasi Diare Di Indonesia.

http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatinctps.pdf

Kemenkes RI. (2014). Hari Cuci Tangan Pakai Sabun. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatinctps.pdf

Ma’rifah, A., & Krisdian, A. (2015). Hubungan Penyuluhan Cuci Tangan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Centong Desa Centong Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal keperawatan sehat, 12(02).

Mubarak, dkk.(2007). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ningsih, E. W., Sudaryanto, A., Kep, S., & Setiyawati, W. (2013). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Perawat Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Nosokomial Di Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Nursalam. (2011). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Priyoto. (2015). Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Riskesdas. (2013). Riset Kesehatan Dasar.

http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesda%202013.pdf

Rotter, M. (1999). Hand washing and hand disinfection [Chapter 87]. In: Mayhall CG, ed. Hospital epidemiology and infection control. 2nd ed. Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins.

Sulastri, K., & IN, P. (2013). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II. J Kesehat Lingkung, 4, 99-106.

Talaat, M. (2016). Effects of Hand Hygiene Campaigns on Incidence of Laboratory-confirmed Influenza and Absenteeism in Schoolchildren, Cairo, Egypt-Volume 17, Number 4—April 2011-Emerging Infectious Disease journal-CDC.

Wati, R. (2011). Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS tentang Mencuci Tangan terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil Surakarta (Doctoral dissertation, universitas sebelas maret).




DOI: https://doi.org/10.31311/.v5i1.1458



Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.