POLA KOMUNIKASI DAN NORMA PENGGUNAAN INTERNET PADA ORANG TUA TERHADAP KECANDUAN ANAK DALAM PENGGUNAAN YouTube di ERA DIGITAL

Henny Agustiningrum, Martani Huseini, Kinkin Yulianty Putri Subarsa

Sari


Penelitian ini memprioritaskan peran orang tua dalam menerapkan pola komunikasi termasuk konsistensi norma ketika orang tua menggunakan internet dan bagaimana orang tua memahami serta menyadari bahwa saat ini banyak anak yang mengalami kecanduan ketika menggunakan YouTube. Fakta ini diharapkan dapat menjadi masukkan bagi para orang tua diera digital ini untuk tidak hanya menerapkan aturan namun juga dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh antara pola komunikasi dan norma penggunaan internet pada orang tua terhadap kecanduan anak dalam penggunaan YouTube di era digital. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dengan tingkatan kelas mulai dari kelas 3-6 dimana mereka diminta untuk mengisi kuesioner secara anonim melalui kuesioner online yang mencakup semua faktor yang disebutkan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pola komunikasi dan norma penggunaan internet pada orang tua memiliki pengaruh secara simultan terhadap kecanduan anak dalam penggunaan YouTube. Penelitian sebelumnya banyak membahas tentang kecanduan internet di kalangan remaja. Namun, mengingat saat ini merupakan era serba digital dimana kecanduan menggunakan YouTube lebih banyak mengarah pada anak usia sekolah dasar maka hal inilah dirasa perlu dilakukan penelitian mendalam.


Kata Kunci


pola komunikasi, norma penggunaan internet, kecanduan YouTube

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v8i1.9808

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License