STRATEGI PROMOSI FESTIVAL DESA WISATA PADANG KANDIS OLEH DINAS PARIWISATA KABUPATEN BELITUNG

Helen Olivia, Widarti Widarti

Sari


Abstrak - Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung dalam event festival desa wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi promosi festival desa wisata. Teori yang digunakan adalah Integrated Marketing Communication (IMC). Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk strategi promosi yang digunakan adalah pemasaran dari mulut ke mulut dan public relations yang mana disesuaikan dengan situasi perdesaan dan karakteristik budaya setempat.

Kata Kunci: Strategi Promosi, Pariwisata, Komunikasi Pemasaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bimo, Walgito, Pengantar Psikologi Umum (Yogyakarta: CV Andi, 2010)

Boone, Louis E dan Kurtz, David L, Pengantar Bisnis Kontemporer. Terjemahan Anwar Fadriansyah (Jakarta: Erlangga, 2010)

Buchari, Alma, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (Bandung: Alfabeta, 2011)

Cravens, D.W, Piercy N.F, Strategic Marketing, 10th Editi (Singapore: McGraw-Hill Companies, Inc, 2013)

Dedy N, Hidayat, Paradigma Dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik (Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia, 2003)

Hasan, Ali, Marketing (Yogyakarta: MedPress, 2010)

Hermawan, Agus, Promosi Dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran (Jakarta: PT Buku Seru, 2013)

Ibori, Anthonius, ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tembuni Distrik Teluk Bintuni’, Governance, 5.1 (2013)

Indriyo Gitosudarmo, Manajemen Pemasaran, edisi pert (Yogyakarta: BPFE, 2008)

Kotler, P. & Keller, K.L., Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi ke 1 (Jakarta: Erlangga, 2012)

Kotler, P, Keller K.L, Marketing Management, 14 th edit (England: Person Education, Inc, 2012)

Liliweri, Alo, Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Cetakan Ke-1 (jakarta: Kencana, 2011)

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A, Manajemen Pemasaran Jasa (Jakarta: Salemba Empat, 2011)

Muljadi, A.J, Kepariwisataan Dan Perjalanan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012)

Priansa, Junni Donni, Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer (Bandung: Alfabeta, 2017)

Slavin, Robert E, Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik (Bandung: Nusa Media, 2008)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Bandung: Alfabeta, 2010)

Sulaksana, Integrated Marketing Communications; Teks Dan Kasus (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)

Suyanti, Dewi Winarni, ‘Potensi Desa Melalui Pariwisata Perdesaan’, Ekonomi Dan Bisnis, 1.12 (2013), 33–36

Terence, A Shimp, Periklanan Promosi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jakarta: Erlangga, 2006)

Wells, William, John Burnett, and Sandra Moriarty, Advertising: Principles Dan Practise. Fifth Edition. Upper Sadle River (New Jersey: Prentice-Hall International Inc., 2000)

Widyatama, Rendra, Pengantar Periklanan (Jakarta: Buana Pustaka Indonesia, 2005




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v8i1.9430

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License