Analisis Dramatistic Pentad Unsur Konsumerisme Dalam Film They Live 1988

Alan Satjakoesoemah, Sarah Vania Rizky, Elviera Joelanda Sharinta

Sari


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisa pentad dramatisme Kenneth Burke. Di penelitian ini, meneliti film They Live yang mengandung adegan-adegan yang menggambarkan bagaimana konsumerisme mempengaruhi kehidupan masyarakat dan terdapat relevansi tentang apa yang digambarkan di dalam film They Live pada tahun 1988 tersebut dengan realita era masa kini. 

Penelitian ini mengkritik konsumerisme, suatu pemahaman yang dimana individu atau kelompok secara sadar melakukan kegiatan konsumsi barang-barang hasil produksi yang berlebihan, kemudian menumbuhkan efek candu pada manusia terhadap suatu produk yang berakibat pada sulitnya menghilangkan sifat ketergantungan dan candu pada produk itu.

Hal tersebut sama seperti yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard sebagai kritik terhadap konsumerisme bahwa terdapat realita semu pada masyarakat posmodern. Namun tanpa disadari, nilai-nilai tersebut sudah menyebar luas dalam berbagai media massa, salah satunya film. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan kajian terhadap film They Live guna melihat bagaimana film tersebut menggambarkan unsur konsumerisme.


Kata Kunci


Ilmu Komunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baudrillard, J. (1983). Simulations.

Semiotext[e].

Baudrillard, J. (1983). Simulations.

United States: Semiotext[e].

Baudrillard, J. (1994). Simulacra and

simulation. (S. Glaser, Trans.) Ann Arbor, Michigan, United States of America: University of Michigan Press.

Baudrillard, J. (1996). The System of

Objects. (J. Benedict, Trans.) London and New York: Verso Books.

Baudrillard, J. P. (1998). The Consumer

Society: Myths and Structures. In J. P. Baudrillard, The Consumer Society: Myths and Structures. London: SAGE.

Britannica, T. E. (2014, Juli 31). Jean

Baudrillard. Retrieved November 1, 2017, from Encyclopædia Britannica: https://www.britannica.com/biography/Jean-Baudrillard

Britannica, T. E. (2017, Juni 05). Kenneth Burke. (T. E. Britannica,

Editor) Retrieved November 1, 2017, from Encyclopædia Britannica: https://www.britannica.com/biography/Kenneth-Burke

Bryant, J., & Zillmann, D. (2002).

Media Effects: Advances in Theory and Research (2nd ed.). Mahwah, New Jersey, United States of America: Lawrence Erlbaum Associates.

Conley, D. (2013). You May Ask

Yourself: An Introduction to Thinking Like a Sociologist (3rd ed.). New York: W.W. Norton.

Daymon, C., & Holloway, I. (2011).

Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. New York: Routledge.

Franco, L. (Producer), Carpenter, J.

(Writer), & Carpenter, J. (Director). (1988). They Live [Motion Picture]. United States of America: Universal Pictures.

Griffin, E. (2012). A First Look At

Communication Theory. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

imdb.com. (1988). They Live. Retrieved

from IMDb.com: http://www.imdb.com/title/tt0096256

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008).

Theories of Human Communication. Belmont: Cengage Learning.

Malpas, S. (2005). The Postmodern.

New York: Routledge. Merriam-

Webster. (n.d.). Retrieved from Simulacra: http://www.merriam-

webster.com/dictionary/simulacrum

Perse, E. M. (2001). Media Effects and

Society. New York: Routledge.

Underground, E. O. (2016, Juni 6). They Live in John Carpenter's Own

Words. youtube.com.

West, R., & Turner, L. H. (2000).

Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.

West, R., & Turner, L. H. (2010).

Introduction Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v7i1.8038

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License