Analisis Dramatistic Pentad Unsur Konsumerisme Dalam Film They Live 1988
Sari
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisa pentad dramatisme Kenneth Burke. Di penelitian ini, meneliti film They Live yang mengandung adegan-adegan yang menggambarkan bagaimana konsumerisme mempengaruhi kehidupan masyarakat dan terdapat relevansi tentang apa yang digambarkan di dalam film They Live pada tahun 1988 tersebut dengan realita era masa kini.
Penelitian ini mengkritik konsumerisme, suatu pemahaman yang dimana individu atau kelompok secara sadar melakukan kegiatan konsumsi barang-barang hasil produksi yang berlebihan, kemudian menumbuhkan efek candu pada manusia terhadap suatu produk yang berakibat pada sulitnya menghilangkan sifat ketergantungan dan candu pada produk itu.
Hal tersebut sama seperti yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard sebagai kritik terhadap konsumerisme bahwa terdapat realita semu pada masyarakat posmodern. Namun tanpa disadari, nilai-nilai tersebut sudah menyebar luas dalam berbagai media massa, salah satunya film. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan kajian terhadap film They Live guna melihat bagaimana film tersebut menggambarkan unsur konsumerisme.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baudrillard, J. (1983). Simulations.
Semiotext[e].
Baudrillard, J. (1983). Simulations.
United States: Semiotext[e].
Baudrillard, J. (1994). Simulacra and
simulation. (S. Glaser, Trans.) Ann Arbor, Michigan, United States of America: University of Michigan Press.
Baudrillard, J. (1996). The System of
Objects. (J. Benedict, Trans.) London and New York: Verso Books.
Baudrillard, J. P. (1998). The Consumer
Society: Myths and Structures. In J. P. Baudrillard, The Consumer Society: Myths and Structures. London: SAGE.
Britannica, T. E. (2014, Juli 31). Jean
Baudrillard. Retrieved November 1, 2017, from Encyclopædia Britannica: https://www.britannica.com/biography/Jean-Baudrillard
Britannica, T. E. (2017, Juni 05). Kenneth Burke. (T. E. Britannica,
Editor) Retrieved November 1, 2017, from Encyclopædia Britannica: https://www.britannica.com/biography/Kenneth-Burke
Bryant, J., & Zillmann, D. (2002).
Media Effects: Advances in Theory and Research (2nd ed.). Mahwah, New Jersey, United States of America: Lawrence Erlbaum Associates.
Conley, D. (2013). You May Ask
Yourself: An Introduction to Thinking Like a Sociologist (3rd ed.). New York: W.W. Norton.
Daymon, C., & Holloway, I. (2011).
Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. New York: Routledge.
Franco, L. (Producer), Carpenter, J.
(Writer), & Carpenter, J. (Director). (1988). They Live [Motion Picture]. United States of America: Universal Pictures.
Griffin, E. (2012). A First Look At
Communication Theory. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
imdb.com. (1988). They Live. Retrieved
from IMDb.com: http://www.imdb.com/title/tt0096256
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2008).
Theories of Human Communication. Belmont: Cengage Learning.
Malpas, S. (2005). The Postmodern.
New York: Routledge. Merriam-
Webster. (n.d.). Retrieved from Simulacra: http://www.merriam-
webster.com/dictionary/simulacrum
Perse, E. M. (2001). Media Effects and
Society. New York: Routledge.
Underground, E. O. (2016, Juni 6). They Live in John Carpenter's Own
Words. youtube.com.
West, R., & Turner, L. H. (2000).
Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.
West, R., & Turner, L. H. (2010).
Introduction Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v7i1.8038
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Index by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License