E- Sales Promotion Membentuk Impulse Buying Konsumen
Sari
ABSTRAK
Pertumbuhan e-commerce yang semakin meningkat semakin mendorong penggunaan transaksi digital payment. Perilaku bertransaksi konsumen mengalami perubahan dari transaksi tunai dengan menggunakan digital payment. Sistem pembayaran digital tersebut semakin diminati masyarakat karena dianggap lebih aman dan lebih memberikan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sales promotion yang dilakukan digital payment OVO dalam mendorong perilaku impulse buying pada konsumen serta menganalisa faktor motivasi yang menguatkan perilaku impulse tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengambil metode pengambilan subjek judgmental sample dengan tipe criterion sampling untuk memilih subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam. Informan penelitian merupakan pengguna OVO berusia 19 – 23 tahun yang berdomisili di Jakarta dan Bekasi sejumlah 10 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh e sales promotion OVO yang membentuk pembelian secara impulsive melalui strategi cashback, diskon, dan coupons. Stimulus pesan promo selling pada aplikasi OVO dapat mengubah motivasi konsumen yang awalnya menjadikan aplikasi ini sebagai penunjang kemudahan bertransaksi, menjadi motivasi yang ingin memenuhi hasrat keinginan hedonis
Kata kunci: e-sales promotion, impulse buying, perilaku konsumen, digital payment
Pertumbuhan e-commerce yang semakin meningkat semakin mendorong penggunaan transaksi digital payment. Perilaku bertransaksi konsumen mengalami perubahan dari transaksi tunai dengan menggunakan digital payment. Sistem pembayaran digital tersebut semakin diminati masyarakat karena dianggap lebih aman dan lebih memberikan kemudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi sales promotion yang dilakukan digital payment OVO dalam mendorong perilaku impulse buying pada konsumen serta menganalisa faktor motivasi yang menguatkan perilaku impulse tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengambil metode pengambilan subjek judgmental sample dengan tipe criterion sampling untuk memilih subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam. Informan penelitian merupakan pengguna OVO berusia 19 – 23 tahun yang berdomisili di Jakarta dan Bekasi sejumlah 10 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh e sales promotion OVO yang membentuk pembelian secara impulsive melalui strategi cashback, diskon, dan coupons. Stimulus pesan promo selling pada aplikasi OVO dapat mengubah motivasi konsumen yang awalnya menjadikan aplikasi ini sebagai penunjang kemudahan bertransaksi, menjadi motivasi yang ingin memenuhi hasrat keinginan hedonis
Kata kunci: e-sales promotion, impulse buying, perilaku konsumen, digital payment
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/kom.v7i1.6899
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v7i1.6899.g4120
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Index by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License